Balapan World Superbike Bentrok Lagi di Jerez Weekend Ini

RACE WSBK 2020. Minggu ini akan kembali tarung, setelah kalendernya berubah total.

Dua minggu berurutan, sirkuit Jerez de la Frontera - Angel Nieto dilindasi motor-motor kencang MotoGP, dalam gelaran Grand Prix Jerez dan Grand Prix Andalusia. Weekend ini, giliran kuda pacu World  Superbike Championship, yang bakal unjuk gigi di sirkuit yang sama.




Setelah melalui awal musim yang berat, dengan kalender yang porak-poranda akibat pandemik Covid-19, kejuaraan dunia World Superbike Championship kembali hadir di Jerez. Dari kalender 2020, baru seri pembuka di Australia yang selesai, seri-seri lain kebanyakan dijadwal ulang namun banyak juga yang terpaksa dibatalkan.




Seri kedua di Jerez nanti, semua joki di semua kasta akan turun, termasuk joki fenomenal Kawasaki Racing Team WSBK Alex Lowes. Di seri pertama Philip Island, Alex Lowes mampu finish podium di race 1 dan menang di race 2. Di Jerez nanti, Alex Lowes wajib membuktikan lagi konsistensinya, mengingat tahun lalu dia justru dilibas oleh rider jawara dunia Jonathan Rea, yang tahun ini jadi teammate di Kawasaki Racing Team WSBK.

 

 

JOKI-JOKI SUPERBIKE. Full team.



Kala itu, Jonathan Rea clash denegan Alex Lowes di tikungan terakhir lap terakhir sebelum finish, yang kemudian memaksanya hanya finish posisi empat. Catatan terbaik Alex Lowes di Jerez, dua kali finish posisi empat, sangat jauh dari catatan positif Rea yang dua kali menang Jerez.




Rider lain yang patut ditunggu aksinya adalah Scott Redding. Pembetot gas motor Ducati Aruba.It Racing ini nangkring di posisi dua klasemen sementara. Dia punya pengalaman cukup banyak soal Jerez, karena sering berlaga di sini, baik saat masih di MotoGP ataupun WSBK. Namun, rival Scott Redding bukan hanya joki tim lain, tetapi juga rekan setimnya sendiri, Chaz Davies. Memang, Davies sementara hanya berada di posisi delapan klasemen, tetapi punya rekor fantastik di Jerez, pernah tiga kali menang.

 

 

DUO RIDER KAWASAKI WSBK TEAM. Alex Lowes dan Jonathan Rea.



Sementara, squad Yamaha akan mengandalkan aksi Toprak Razgatioglu. Joki Pata Yamaha WorldSBK Official Team ini memang di race 1 seri Philip Island, dan sekarang sedang on fire. Tandemnya, Michael van der Mark ada di posisi lima, dan  juga berupaya mencari podium pertama tahun ini setelah gabung squad Yamaha Superbike.


Dua tim pabrikan lain yang ditunggu eksposivitasnya adalah Honda dan BMW Motorrad. HRC memulai musim di Australia dengan hasil bagus, lalu intensif menggelar uji coba di Catalunya dan Motorland Aragon. Karena itulah, penampilan joki Alvaro Bautista dan Leon Haslam benar-benar ditunggu tajinya, apalagi dari sisi rekor Bautista pernah menang dua kali tahun lalu.


Pasukan BMW Motorrad bukan dihuni rider biasa, tapi joki jawara, yakni Tom Sykes dan Eugene Laverty. Sykes adalah peraih tahta WSB, dan pernah menutup juara dunia di Jerez tahun 2013. Sebaliknya, Laverty juga pernah menang di sini, namun hanya sekali. Itupun tahun 2015. Baginya, finish di depan Sykes adalah target realistis.

 




naskah/foto : punk/wsbk