KUALIFIKASI GP ANDALUSIA : Quantararo Kembali Pole-Sitter, Marquez Pilih Mundur

QUANTARARO. Rebut pole kedua di Jerez.

Joki-joki Yamaha kembali mendominasi sesi kualifikasi MotoGP Andalusia yang berakhir hari ini. Fabio Quantararo, dari tim Petronas Yamaha kembali membukukan catatan waktu terbaik, dan merebut pole position, sekaligus mengulang dominasinya di GP Jerez seminggu sebelumnya.



Di posisi kedua, Maverick Vinales membuntuti Quantararo dengan selisih hanya 0,095 detik saja. Sedangkan Francesco Bagnaia menutup baris depan dengan catatan waktu terbaik di posisi ketiga, kurang 0,2 detik di belakang Quantararo. Ini hasil kualifikasi bagus buat joki Pramac Ducati tersebut, karena di GP Jerez juga bisa start di grid empat.



Barisan kedua, ada kejutan dengan kencangnya Miguel Oliveira dari Red Bull KTM Tech3 yang mengunci posisi lima tercepat. Namun, joki KTM ini dijepit oleh pembalap-pembalap Yamaha, yang mana Valentino Rossi bisa keluar dari tekanan dan merebut grid ke-empat. Di belakang Oliveira, ada Franco Morbidelli di pos enam dengan selish hanya 0,405 detik dari best lap Quantararo.

 

 

SEAT MARQUEZ KOSONG. Akhirnya #93 mengundurkan diri.



Info paling hot di penghujung sesi hari kedua MotoGP Andalusia ini, mundurnya Marc Marquez. Rider Repsol Honda ini sempat turun di sesi latihan pagi atau FP3 namun tidak sempat membukukan catatan waktu. Marquez mengaku lengannya semakin sakit kala menggeber motor RCV.  Artinya, squad Repsol Honda Team hanya akan menurunkan Alex Marquez saja, yang mana pemilik plat 73 ini akan start dari baris belakang dengan catatan waktu 1 menit 38,648 detik. Alex sempat terjatuh di tikungan lima saat hotlap di putaran terakhir, sehingga memaksanya start dari grid 21.

 


naskah/foto : punk/motogp