Gegara Test Private, Quantararo Kena Panggil FIM

FABIO QUANTARARO. Akan dipanggil untuk hearing di Jerez nanti.

 

Dalam regulasi MotoGP cukup jelas, pembalap dan tim pabrikan MotoGP yang tidak ikut konsesi, yakni Ducati, Honda, Suzuki dan Yamaha, dilarang melakukan private test, kecuali dengan motor stock road alias motor standar produksi massal.

 

 

Yang jadi masalah, saat Fabio Quantararo melakukan uji coba di sirkuit Paul Ricard Perancis beberapa waktu lalu, Quantararo dituding menggeber motor YZR-R1 yang komponennya tidak standar. Karena itulah, FIM akan memanggil joki tim Yamaha MotoGP tersebut untuk didengar keterangannya. Dalam release yang diunggah oleh FIM, disebutkan akan meminta keterangan pembalap yang mungkin melanggar aturan tersebut di Gran Premio Red Bull de Espana di Circuito de Jerez-Angel Nieto, sekaligus menginvestigasi detailingnya.

 

KALA TESTING DI PAUL RICARD. Menggeber spek R1 Superbike.

 

 

Sebelumnya, Fabio Quantararo yang asli Perancis memang sempat menghabiskan waktu dua hari di sirkuit Paul Ricard, sebagai pemanasan sebelum tanding di seri Jerez 19 Juli nanti. Dalam test ini, Quantararo naik motor YZF-R1 spek Superbike milik Mathieu Gines, yang dipakai untuk balapan Superbike Perancis. Fabio Quantarao sendiri mengakui jika dia melakukan uji coba di Perancis tersebut memang buat menjaga feeling dengan motor yang lebih cepat seperti motornya, agar cepat menyesuaikan diri karena sudah cukup lama tidak membalap.

 

 

Meski begitu, belum ada kemungkinan sanksi yang bakal ditimpakan ke Quantararo. Kalo toh ada, juga tidak terlalu berat. Catatan Otre, pembalap yang pernah kena sanksi akibat melakukan uji coba sendiri adalah Remy Gardner musim 2016 lalu. Kala itu, Remy Gardner melakukan test di Sachsenring, 14 hari sebelum GP Jerman. Itu pun, sanksinya ‘cuma’ pinalti 20 menit dilarang ikut FP1.

 

 

 

Naskah/foto : punk/istimewa