MotoGP 2020 Semakin Suram, Seri Jepang Ikut Dibatalkan

RACE MOTOGP DI TWIN RING MOTEGI. Balapan kandang tim pabrikan Honda, Suzuki dan Yamaha.

Gegara pandemi Covid-19, benar-benar mengacaukan kompetisi balap motor paling wahid sejagad itu. Setelah beberapa seri awal, terutama di Eropa yang dibatalkan, kini giliran MotoGP seri Jepang yang resmi dibatalkan.



Pengelola sirkuit Twin Ring Motegi, venue MotoGP Jepang yang sedianya digeber 18 Oktober mendatang memastikan pembatalan tersebut, lewat laman resminya. Sirkuit Twin Ring Motegi, telah menjadi tempat lomba GP di kalender MotoGP sejak 1999.

 

Meskipun sejatinya, sirkuit ini adalah milik pabrikan Honda, tetapi menjadi kandang tim-tim balap asal Jepang, termasuk Suzuki dan Yamaha. Pastinya, dengan pembatalan ini, Jepang absen dari kalender MotoGP untuk kali pertama sejak tahun 1986.

 

SIRKUIT TWIN RING MOTEGI. Seharusnya jadi venue 18 Oktober mendatang.



Sebelumnya, beberapa seri MotoGP di awal musim memang terpaksa ditunda atau dibatalkan, mengingat kondisi yang tidak memungkinkan. Adapun, seri balap Eropa yang ditunda atau dijadwal ulang adalah seri Spanyol, LeMans Perancis dan Mugello Italia. Sementara, seri Eropa yang pasti batal adalah Grand Prix Jerman, Belanda, dan Finlandia.

 

JUARA TAHUN LALU. Marquez, Quantararo dan Dovizioso.



Grand Prix Jerman dijadwalkan digelar di Sirkuit Sachsenring 21 Juni, diikuti oleh balapan di Sirkuit Assen, Belanda, pada 28 Juni. Sedangkan Finlandia batal menjalani debut Sirkuit KymiRing pada 12 Juli nanti. Grand Prix Belanda bernilai historis karena menjadi satu-satunya balapan yang selalu digelar setiap tahunnya di kalender kejuaraan dunia sejak 1949. Sedangkan Finlandia terakhir kali menjadi tuan rumah Grand Prix pada 1982. Seri MotoGP Eropa yang mungkin bakal dihelat adalah GP Ceko, yang secara tradisional diadakan di sirkuit Brno 9 Agustus mendatang

 


naskah/foto : punk/motogp