2020 APRILIA RS-GP MOTOGP : Pertama Kali Nongol, Aerodinamika Khas Formula One

Mengawali bulan Februari, bakal cukup banyak nongol kuda besi baru untuk MotoGP 2020 ini, karena uji coba resmi perdana di awal musim bakal digelar. Di Sepang, tim Aprilia menjadi tim pertama yang membuka tampang motor Aprilia RS-GP.



Pabrikan asal Italia ini merilis empat gambar resmi dari motor Aprilia RS-GP yang dipakai oleh test rider Bradley Smith. Sekilas, tampang luar motor ini berbeda dari versi tahun lalu, termasuk dibekali dengan fairing dan moncong yang lebih ekstrim.

 

TAMPANG KOMPAK. Kemungkinan dengan layout mesin beda.



Di balik fairing dan bodynya yang semakin kelihatan kecil dan kompak, tersembul juga rangka baru, termasuk desain ulang knapotnya. Platform mesinnya sendiri masih dirahasiakan, meskipun kemungkinan besar akan menggunakan basis mesin V4 bersudut 90 derajat, bukan bersudut 75 derajat seperti spek lawas. Jadi, sama dengan yang dipakai oleh Ducati, Honda dan KTM.



Untuk uji coba perdana di Sepang ini, Aprilia akan menurunkan rider Aleix Espargaro, Bradley Smith dan eks joki Superbike, Lorenzo Savadori. Sedangkan Andrea Iannone bakal absen karena masih menjalani sidang kasus dopingnya.

 


naskah/foto : punk/motogp