Kualifikasi Kejurnas Supermoto Berlangsung Sengit, Tommy Salim Tercepat di Dua Kelas

TOMMY SALIM. Raih pole di kelas FFA250 dan Trail 175 Open.

Weekend ini, ajang balap Supermoto bertajuk Superadventure International Supermoto Race Seri Kejurnas 2023 digelar di Sirkuit Parkir Barat JIExpo, Kemayoran Jakarta.

 

Di seri pamungkas ini, turun juga dua pebalap internasional yang berlaga di kategori FFA450 International, yakni Germain Vincenot dan Sylvain Bidart. Mereka bersaing dengan pebalap Supermoto nasional yang turut serta, seperti Tommy Salim, Farudilla Adam, Doni Tata dan Yasiin Somma.

 

Di sesi kualifikasi yang berlangsung Jumat (27/10) lalu, kelas ini menjadi super kompetitif dengan persaingan catatan waktu yang ketat. Di kelas ini, peraih best lap adalah Sylvain Bidart dengan catatan waktu 38,795 detik, disusul oleh Germain Vincenot dengan selisih 0,118 detik. Sementara, Tommy Salim menyusul sebagai tiga tercepat dengan catatan waktu 38,965 detik.

 

"Setelah melibas track ini dengan panjang lintasan 800 meter, saya merasa sangat yakin bisa meraih hasil yang maksimal di race besok, melihat sisi lintasan yang cukup menarik ditemani dengan tikungan menantang serta rintangan kayu, kami juga merasa baik dan bagus," jelas Germain Vincenot.

 

Foto 2 Sylvain BidartSYLVAIN BIDART. Tunjukkan skill terbaik di kelas bergengsi FFA 450.

 

Sementara, Sylvain Bidart memprediksi balapan akan berlangsung sengit mengingat para rider top Tanah Air ambil bagian. “Besok kami akan berada dalam balapan yang gila, saya rasa akan sangat sulit untuk melakukan overtake di sejumlah tikungan. Namun kami berusaha mencari cara untuk itu. Kami mempunyai peluang disejumlah tikungan,” jelas Sylvain.

 

Bergeser sedikit di kelas FFA 250, para rider nasional pun berlomba-lomba untuk mendapatkan waktu yang terbaik saat babak kualifikasi, diantaranya Farudilla Adam, Tommy Salim, Yaasin Gabriel Somma dan Doni Tata.

Melewati rangkaian kualifikasi dan fase Super Chrono, pole position berhasil direngkuh oleh Tommy Salim dengan catatan waktu 38.921 detik. Sementara posisi kedua dan ketiga dihuni oleh Yasiin Somma (38.953 detik) dan Farudilla Adam (39.031 detik).

 

Keseruan perebutan tempat terdepan pada race juga terjadi di kelas utama Trail 175 Junior. Rider-rider muda seperti Benaya Farel, Chandra Hermawan dan Satria Handika saling menorehkan waktu tercepat demi meraih terpat terdepan dan menjaga asa meraih titel juara umum.

 

 

Naskah / Foto : Masdon

 


REDAKSI   |   KODE ETIK   |   DISCLAIMER