DIBALIK KESUKSESAN TEAM SUPERMOTO ONESIXEIGHT RACING TEAM, JAKARTA ADA SOSOK SRIKANDI LITTA RAHMAWATI

  

Litta Rahmawati & Mevans S. Di akhir tahun 2019 Onesixeight Racing Team, Jakarta turun di supermoto.

 

Popularitas supermoto memang luar biasa, menjadi bagian even kompetisi di tanah air, yang sekarang menjadi incaran mania otomotif. Momen ini pula yang kemudian menjadi pemicu supermoto kian tumbuh dan berkembang.

 

 

Termasuk Mevans Sanggramawijaya suami dari Litta Rahmawati pemilik tim Onesixeight MX Team, Jakarta, belum lama ini bikin kejutan, sebab padock stadion Mandala Krida, Jogja, makin semarak dengan kehadiran tim Onesixeight MX Team, Jakarta yang paling megah. Kebetulan di mandala Krida, Jogja menjadi tuan rumah Trial Game Asphalt 2019 seri ke tiga.

 

Onesixeight MX Team, Jakarta di even supermoto bertransisi menjadi Onesixeight Racing Team, turun dengan 9 kuda besi berikut spare, didominasi Husqvarna, dengan back up rider Mevans Sanggramawijaya, Doni Tata,  Kiswadi, Ali, Iwan Kelet dan Fery “Copet” Irawan. Bedanya yang bertugas sebagai instruktur disini adalah Irwan Ardiansyah dan Fery.

 

Onesixeight Racing Team, Jakarta. Ikut meramaikan even supermoto di tanah air & siap go international.

 

“ Saya paling tertarik dengan efek horizontalnya, supermoto adalah even baru, sebagai insan otomotif yang perhatian dengan perkembangan otomotif di tanah air, layak dan berhak dong kalau kita ikut meramaikan, ”tegas Mevans yang setia didampingi Litta Rahmawati sosok pribadi mandiri dan cerdas tempat berlabuhnya hati Mevans.

 

Mevans yang kali ini menunggang Husqvarna FC 450 Rockstar, terhitung mantan pembalap road race, yang lebih dulu bertransformasi turun di motocross. Sarana dan prasarana di motocross terbilang komplit, mulai mobilhome, sirkuit, instruktur motocross, tim ahli gizi, mekanik sampai spare special engine. Bahkan even skala internasional MX GP beberapa bulan silam yang dihelat di Palembang dan Semarang, tim Onesixeight MX Team, Jakarta ikut berlaga, beberapa crossernya juga menyandang sebagai jawara.

 

Sekarang giliran supermoto, yang ikut diseriusi dan dimeriahkan oleh Mevans. Basic skill road race yang telah dimiliki, tetap ada pengembangan, terkait struktur special engine yang memiliki wheel base lebih panjang. “Bekal pengenalan karakter power special engine saat di motocross, ketika dipakai di supermoto jadi makin paham, ritme umpan power dan mendistribusikan power band yang benar, ”tegas Mevans yang terhitung persiapan laga di supermoto cukup singkat.

 

Mevans Sanggramawijaya. Saat aksi rolling speed dengan Husqvarna FC 450 Rock Star.

 

Obsesi Onesixeight MX Team, Jakarta di Supermoto juga ngeri. Sebab, Mevans di segmen balap ini rencananya juga go internasional. Kita ingin buktikan bahwa Indonesia mampu go international. “Dan ilustrasinya, kalau di MX GP saja kita mampu fight, seharusnya di supermoto kita lebih bisa, ”bangga Mevans atas prestasi Doni Tata salah satu rider Onesixeight MX Team, yang mampu menjadi champion di even kali ini.

 

Dan saya menghimbau, pesatnya perkembangan supermoto ini juga layak ditunjang di road race, sebagai even dan sarana preview even supermoto. Sosialisasi cukup penting, sebagai pemantapan skill dan sebaga sarana seting suspensi sampai performa mesin.

 

Sebab, kalau kesempatan laga langsung diturunkan di even exclusive supermoto seperti trial game asphalt ini, tetap ada proses pemahaman bertarung lebih dulu dan maping kekuatan rival. Seharusnya tetap ada acuhan seperti di motocross, ada steping dari even kejurprov, kejurnas dan MX GP.

 

Bekal skill & teknik di motocross. Mevans makin mudah menebas single jump yang menjadi variabel sirkuit supermoto.

 

Dan ketika saya amati sejauh ini, pabrikan Honda yang lebih banyak berkontribusi mengembangkan supermoto. Di even yang sifatnya one make atau Honda Dream Cup, juga mulai dibuka kelas supermoto, termasuk even-even kejurprov, Honda dengan jaringanya, rajin membuka kelas tambahan supermoto.

 

Kalau di even preview supermoto tadi, misalkan Honda sebatas membuka kelas, saatnya nih pabrikan lain, ikut mensuport tim-tim supermoto seperti yang telah dilakukan Astra Honda Motor mensuport Delfintor di motocross.

 

“Hal demikian, besar harapan saya akan menjadi pemancing minat rider-rider papan atas untuk meramaikan supermoto, ”urai Mevans yang di perencanaan pembangunan MX Training Academy 168 Racing Kompleks, Pemalang akan memasukan planning pembuatan sirkuit yang bisa mengakomodir rider-rider supermoto di sekeliling sirkuit motocross.

 

Lebih dalam lagi, termasuk skema hadiah yang diberikan, mungkin suatu saat selain even trial game asphalt ini, juga ada penyelenggara supermoto yang mampu mengalokasikan hadiah dalam bentuk kuda besi berbasic supermoto. “Sebagai sarana proses campaign bahwa brand hadiah tadi, mampu merangsang peserta lain untuk ikut bertarung di supermoto, ”pandangan Mevans.    pid