Sirkuit MX – GTX – Enduro Kesukaran Medan, Karangpilang, Surabaya : ROAD TO MX - GTX OPENCHAMPIONSHIP KARANGPILANG 2019

 

 

Realisasi dibangunya sirkuit Kesukaran Medan, Karangpilang, Surabaya. Hasil sinergi antara Marinir & penghobi trail, membudidayakan otomotif di Jatim lebih bergairah.

 

 

Sinergi antara Marinir dan penghobi trail, sebagai pendamping kegiatan positif di segmen otomotif yang lagi berkembang pesat, sekaligus membutuhkan perhatian serius, berlangsung intens. Ide dan gagasan cemerlang ini direalisasi oleh Komandan Menbanpur 2 Marinir Kolonel Marinir Citro Subono, berserta Dankima Menbanpur 2 Mar Mayor Marinir Rahmat Widodo, dengan membangun prasarana tepat guna, yakni sirkuit MX-GTX berskala nasional, sebagai bentuk kontribusi Marinir mengembangkan dan membudidayakan kegiatan otomotif lingkup Jatim.

 

 

 

Kebijakan yang kental dengan atmosfir simpati, kepedulian sekaligus pembinaan ini, praktis ditanggapi serius oleh penghobi trail Jatim. Mengingat, sirkuit MX-GTX sebagai prasarana alternatif training amat sangat dibutuhkan belakangan ini. Untuk mengakomodir penghobi trail yang embrionya makin tumbuh kembang, sekaligus menganulir istilah crosser hafalan.

 

Dalam realisasi pembangunan juga ada nama Koirul crosser executive yang identik memakai nomer start 11, sebagai mediator, yang mendelegasikan kepada spesialisnya, yakni Gatam Hatim Instruktur GHMS MX Training, Mojokerto, Janal Chunk Direktur JC Suspension, Surabaya, sebagai desainer sirkuit dan Peltu Marinir Guntoro penanggung jawab.

 

Praktis, tanpa ada komando penghobi trail seputaran Surabaya pun langsung merapat, bahu membahu untuk menyukseskan pembangunan sirkuit. “Sasaran mereka cuman ingin memuluskan perjalanan dan perkembangan MX, GTX, adventure, enduro di Jatim, ”urai Kopda Marinir Andika yang akrab disapa Andika Kalong.

 

Komunitas trail Jatim. Bangga dengan hadirnya sirkuit di Surabaya & desain lebih representatif. 

 

Realisasi dan dibangunya sirkuit yang memiliki nama Kesukaran Medan ini, memang rasional dan logis. Pembandingnya, kalau di karsidenan AG saja memiliki 4 sirkuit, yakni Klotok, Maliran, lereng Kelud dan Gayam. Sedang wilayah Surabaya sebagai gudangnya crosser milenial yang lagi berkembang,  justru belum memiliki prasarananya.

 

Pertimbangan dari latar belakang ini pula, sekali lagi yang menjadi motivasi bersama, penghobi trail untuk kembali tampil solid, bahu membahu. Seiring perjalananya, dari hasil kerjasama yang solid ini pula, sukses melahirkan desain sirkuit yang diklaim representatif dengan kajian safety yang tinggi.

 

Hingga mampu mengakomodir semua level tracker dan crosser, mulai pemula, junior dan senior. Demikian peninjauan dari sisi safety, keseluruhan jalur dibackup dua pembatas. “Jadi, tak ada lagi istilah satu pembatas dimanfaatkan sebagai 2 jalur, ”sebut Janal Chunk.

 

Sirkuit Kesukaran Medan, Karangpilang, Surabaya. Menjadi sirkuit alternatif tracker & crosser mengexplore kemampuannya lebih intens.

 

Sedang Gatam Hatim, juga menyelipkan unsur edukasi dengan parameter kurva variabel trek lebih smooth. Interval teknik kesulitan tetap ada, tapi nggak rapat. Sehingga tracker dan crosser, masih bisa ambil nafas dan mengendorkan otot tangan. “Pada point ini, Gatam mensimulasikan, kelak misalkan di sekitar Surabaya ini muncul bibit crosser-crosser cilik minimoto dan 65 cc, sirkuit ini masih bisa mengakomodirnya, ”tegas Gatam.

 

Bahkan, setelah awal mulai terbentuknya variabel trek, crosser nasional Lantian Juan, turut diundang sebagai tester. Dengan kuda besi brand KTM SX 250F versi 2019, Lantian merepresentasikan hingga mendekati limit kemampuan kuda besinya.

 

Over all semua variabel trek mengalir, tinggi berm cukup ideal dan teknik memangkas roller masih bisa diakomodir crosser novice. “Selebihnya, saya yakin secara desain, jarak jalur yang sifatnya bersebelahan juga aman, ”terang Lantian.

 

Cuman, beban tracker dan crosser yang berlaga di sirkuit ini, ada di pemilihan tapak kaki dan revisi soal seting suspensi yang membutuhkan lebih smooth. “Kontur trek jenis vulkanik kering yang mendominasi tanah sirkuit, lebih menguji traksi dan improve crosser menggantung RPM,”nilai Lantian. 

 

Pit Stand JC Suspension, Surabaya. Selalu setia memback up soal up grade hardware kebutuhan penunjang traksi & telah diuji coba Lantian Juan, hasil memuaskan.

 

Tapi, kalau sekarang tracker dan crosser lebih terbantu, sejak dibukanya workshop sentral layanan maintenance hingga up grade JC Suspension, Surabaya. Performa traksi kuda besi lebih mumpuni, sebab soal suspensi bisa diatasi dengan up grade atau revalving, apalagi cuman sekadar final seting tingkat kekenyalan rebound. Secara prosentase, hampir kuda besi MX-GTX di Jatim 55%, hasil up grade JC Suspension, Surabaya.

 

Dengan back up JC Suspension, Surabaya kebutuhan suspensi jadi lebih terukur dan tak ada lagi istilah main feeling saat seting. Hal demikian, yang kemudian kian memacu tracker dan crosser tampil lebih professional.

 

Dengan kondisi suspensi depan belakang yang mumpuni, tracker dan crosser jadi makin berani berinovasi mengembangkan gaya balapnya. “Misal menambah speed di berm dan jumping makin tinggi, sebab ada keberanian untuk pencapaian gaya balap yang lebih baik, ”detail Janal.

 

Dan sebagai bentuk relaunching dan pengenalan telah diresmikanya sirkuit Kesukaran Medan, Karangpilang, Surabaya, di bulan Juli 2019 rencana pastinya akan digelar kompetisi bertaraf nasional. Selain melombakan kelas regular, kemungkinan juga ada tambahan kelas baru yang masih dalam tahap pembahasan regulasinya.

 

Untuk jadwal dan tanggal, dipastikan tak sampai bentrok dengan even MX-GTX daerah lain. Dengan tim penyelenggara keseluruhan elemen yang menginisiasi dibangunya sirkuit  Kesukaran Medan, Karangpilang, Surabaya.

 

Fantastisnya untuk hadiah dalam satu seri ini, akan disiapkan 2 unit motor, 1 akan dibagikan sebagai hadiah undian doorprize kepada penonton, selain tambahan hadiah peralatan elektronik.

 

Dan 1 motor diberikan kepada crosser atau tracker, yang tampil dengan akumulasi point tertinggi dalam satu seri. Selain motor, juga disiapkan peralatan elektronik, voucher free maintenance JC Suspension, Surabaya dan dana pembinaan.      pid