CBR TRACK DAY 2019, SIRKUIT GELORA BUNG TOMO, SURABAYA : PASSION MAKIN MENINGKAT & TRANSFER ILMU MULAI BERJALAN

 

 

CBR Track Day kelas Sport 250 cc. Rider penunggang CBR 250RR pesat mengalami peningkatan skill & adaptasi berlaga di sirkuit resmi GBT, Surabaya.

 

 

Peak season pembalap libur balap menjelang pesta demokrasi atau yang disebut sebagai minggu tenang, kembali dimanfaatkan oleh rider di berbagai level, untuk full Throttle di sirkuit Gelora Bung Tomo, Surabaya (14 April 2019), dalam special even bertajuk CBR Track Day 2019. Hasil kerjasama Honda PT. MPM dengan Cornering Indonesia (COINS).

 

 

Nih menariknya, ketika penghobi balap terus dan berkesinambungan diakomodir dan difasilitasi. Rider penghobi jadi lebih paham, yang paham makin jago, kalau sudah jago makin lihai bermain racing line tipis. “Bahkan, setelah mengetahui peningkatan minat owner CBR Series, terbagi CBR 150 dan CBR 250RR, terhitung sejak 2018 akhirnya CBR Track Day diputuskan untuk digelar setiap bulan sekali, ”sapa Ilham Budi Community Development PT. Honda MPM.

 

Apalagi sistem running CBR Track Day terbagi level komunitas, novice dan expert, tapi di sesi akhir dilepas dengan sistem mix. Konteks demikian yang pastinya bisa dimanfaatkan sebagai sarana transfer ilmu membalap, antar rider yang berlaga. Secara tak langsung, juga mengalir sesi private racing school, di setiap hajatan CBR Track Day.

 

Ada pula tipe pembalap yang berlaga di CBR Track Day, lantaran ingin menguji hasil up grade performa mesin, atau setelah penggantian option part racing. Kemudian ingin mengumbar speed melihat hasil peningkatan speed. Beragamnya latar belakang ini pula, yang terus memacu pertumbuhan minat rider berlaga di CBR Track Day.

 

Minat dan passion juga berjalan in linedengan improve. Sepatu mulai adu model pakai diatas tumit tipe touring, lengkap deflector lutut dan lengan. Hingga jenis helm yang dipakai identik branding. Ada pula yang mulai pakai wear pack tipe half. “Point demikian ini pula, yang saya simpulkan special event full throttle di sirkuit GBT ini amat sangat diminati, ”yakin Ilham.

 

Terlebih lagi, dari pihak COINS mulai memberikan penilaian ke setiap rider yang berlaga, terkait perlengkapan balap yang dinilai benar, fungsi dan ideal. “Point penilaian nanti akan disampaikan ke kita, untuk pemenangnya ada hadiah menarik, ”tambah Ilham.

 

Ilham MPM, Opank, Surya Naraya, Tommy Salim, Danwing van Houce, Ogenk & Boy. Kompak menjadikan CBR Track Day 2019 sebagai ajang aktualisasi  penyuka full throttle & pengembangan bakat rider tampil lebih profsional.

 

Sipnya, di kegiatan ini sepenuhnya sejak awal difasilitasi oleh Honda PT. MPM. Jadi, gratis pendaftaran, juga disediakan food truck yang menyediakan minuman segar, termasuk coffe. Dengan demikian amat sangat terbuka lebar, bagi rider penyuka kecepatan. Untuk menyalurkan dan mengembangkan bakat membalap.

 

“Sebab, ketika berlaga di sirkuit, proses dan fase lebih terukur dan ada pola pembelajaran bekesinambungan, ”nilai Tommy Salim yang di musim kompetisi road race 2019 ini disuport Honda PT. MPM.

 

Terlebih lagi saat sesi pemanasan, Tommy berbagai ilmu membalap yang disampaikan saat briefing berlangsung. Seperti cara belok, prosentase pemakaian rem depan belakang, sikap bahu dan paha saat rebahan, sampai pengenalan tekanan ban yang ideal untuk keperluan balap dan pengereman.

 

 Sehingga tak ada lagi yang mengklaim lebih pandai atau kurang mahir, sebab disini prinsipnya belajar dan berlaga bersama antar penghobi kecepatan. Tapi, ketika mencermati hingga saat ini, peningkatan skill lumayan pesat. “Faktanya di R1 mulai berani menambah kecepatan hingga rebahan, kendati trek basah, ”yakin Ilham.

 

Aksi Eko Aries Putra dengan CRF 450R. Indikasi supermoto makin berkembang & siap difasilitasi oleh Honda PT. MPM di CBR Track Day.

 

Dan seiring pesatnya komunitas supermoto yang aktif berlaga, maka terhitung mulai di CBR Track Day bulan April ini, Ilham menegaskan akan turut memfasilitasi bagi rider supermoto pengguna CRF 150L, CRF250, hingga versi 450 cc. Sebagai hasil perkembangan supermoto yang tak bisa dipungkiri memang makin pesat.

 

Belum lagi dengan hadirnya Asosiasi Supermoto Indonesia, yang identik dengan nama Eko Budi Sentosa sebagai ketua-nya yang juga owner diler Aries Putra Nganjuk. Kali ini Eko berlaga di CBR Track Day, menunggang CRF 450R tahun 2019, yang diklaim memiliki DNA sama dengan CRF 150L.

 

 

 

AUDISI RIDER BERBAKAT & AKAN DIFASILITASI KE CBR RACE DAY SENTUL 20-21 APRIL 2019

 

Info pastinya, untuk ajang balap komunitas skala nasional, AHM yang akan pegang kendali dalaam hajatan lebih akbar bertajuk CBR Race Day di Sirkuit Sentul pada 20-21 April 2019. Momen spesial ini diklaim sebagai pestanya balap rider komunitas Honda, di segmen CBR 150 (type KPP, KPPX, K45, K45G) dan CBR 250 baik single silinder maupun double silinder (type KYJ, K33, K64).

 

Empat wakil rider, diaudisi & diseleksi dari CBR Track Day 2019. Diberangkatkan sebagai petarung wakil Honda PT. MPM di CBR Race Day 2019, Sentul.

 

Pertimbangan setiap main dealer yang harus mengirimkan 4 wakil rider ber-basic dari komunitas, praktis sejak digelarnya  CBR Track Day 2019, berlangsung seleksi atau audisi rider yang layak diturunkan ke CBR Race Day Sentul, yang akan berlangsung 3 seri dalam setahun. Dan rencana tambahan 1 seri,  Honda PT. MPM yang akan menggelarnya di Surabaya.

 

Bagi rider yang terpilih, cukup menyiapkan kuda besi dan spare option part, lengkap denga pit crew dan mekanik. “Selebihnya, akan kita tanggung untuk memfasilitasi ke Sentul, ”urai Ilham yang kembali menegaskan bahwasanya even CBR Race Day dikonsumsikan untuk non pembalap.    pid