Sirkuit Banjar Undar MX, Jombang : Evolusi Sirkuit MX Perdana Dihajat di Tahun Baru

Nugroho, Gus Mujib, H. Basarudin, H. Sobirin & Yusuf Irawan konseptor sirkuit Banjar Undar MX

Nugroho, Gus Mujib, H. Basarudin, H. Sobirin & Yusuf Irawan konseptor sirkuit Banjar Undar MX

Maraknya MX dan GTX di Jatim, sering kali menghadirkan pemikiran iovatif, sebagai improve untuk mengembangkan MX dan GTX di tanah air. Pasalnya, kuaitas kompetisi berkualitas yang terus dicari, seiring dengan grafik skill crosser. Tapi, sayang pemikiran demikian cuman berlaku pada sosok pengamat automotive yang tahu betul kurva pengembangan MX dan GTX.


Terbaru wilayah Banjarsari, Jombang kembali tampil, dengan sirkuit terbarunya. Mengambil lokasi di kawasan dusun Banjarsari, Banjaransari, Jombang. Penggagasnya adalah H. Basarudin kepala desa Banjarsari, Jombang sekaligus owner PT. Citra Yatra Barokah yang menggeluti bidang kontraktor dan bekerja sama dengan Gus Mujib Mustain, owner Darul Ulum Agung MX, Malang.

Diskusi & mengkaji desain sirkuit Banjar Undar MX
Diskusi & mengkaji desain sirkuit Banjar Undar MX



Cuman, konteks kali ini Gus Mujib memposisikan sebagai rektor Universitas Darul Ulum , Jombang atau yang biasa disebut Undar. Apa pasal ? itu lantaran H. Basarudin alumni Undar sekaligus karib lama Gus Mujib, yang hampir 27 tahun tak pernah ketemu. Bisa saja kalau pembuatan sirkuit kali ini bagian dari Corporate Social Responsibility Undar yang bekerjasama dengan PT. Citra Yatra Barokah.

H. Basarudin owner PT. Citra Yatra Barokah dengan alternatif lahan sirkuit
H. Basarudin owner PT. Citra Yatra Barokah dengan alternatif lahan sirkuit



Apa pasal ? banyak nilai sosial yang dikandung, sehubungan dengan melahirkan lapangan kerja baru di seputaran sirkuit. Seperti saat proses pembangunan, selain itu peluang mendirikan home stay, sebagai penginapan tim-tim motocross saat berlangsungnya even. Hingga lapak kuliner khas Jombang berikut handcraftnya.

Rencana lahan yang dijadikan sirkuit
Rencana lahan yang dijadikan sirkuit



Terpenting hasil bumi desa kita juga terkenal di pelosok nusantara, yakni Lombok merah dan bawang merah. “Jadi, lebih pas ketika disebut juga sebagai agro tourisme, untuk mengenalkan lebih luas lagi hasil bumi desa kami,” urai H. Basarudin.

Sisi lain, kita juga akan menawarkan ke SMK sederajat untuk latihan GTX disini, sebagai alternative ekskul. “Seiring dengan perkembangan makin maraknya dunia automotive, serta mereduksi kenakalan remaja terkait balap liar, ”tambahnya.

Lahan yang akan dipakai berkisar 3 hektar dari 7 hektar dari lahan yang tersedia. Rancangan desain sirkuit kali ini memang beda, sebab mengusung panjang total 2000 meter, dengan lebar trek 12 meter, serta space penonton sisi kanan kirinya memakai 4 meter. Tipikalnya motocross, tapi ada pengembangan di beberapa titik variable trek yang terbaru yang lebih menantang.

Desainer sirkuit kali ini langsung ditangani oleh Gus Mujib, selain itu juga ada Yusuf Irawan dan Tri Priyo Nugroho crosser kawak Jatim yang juga mentornya MX Training. Bekerja sama dengan kontraktor Jombang, sebagai eksekutornya. 

Sipnya, waktu pengerjaan dideadline dua bulan. Cukup beralasan, pasalnya akhir bulan mendatang di 30-31 Desember 2017 akan digelar even perdana dengan titel Banjar Undar MX Openchampionship, Jombang yang kemungkinan disuport La Nyala Mattalitti sebagai cagub Jatim. “Dipastikan akan diikuti crosser bule dari tiga Negara, sekaligus sebagai tester dan sparing partner crosser lokal yang berlaga, ”pasti Gus Mujib.


  • TERBARU
  • TERPOPULER
  • TERBANYAK