MOTOR 2 STROKE : KIAN DIBURU JADI KOMODITI KOLEKTOR, HINGGA MENEMBUS NOMINAL BANDEROL FANTASTIS

IPOELL & RMS MODIFY FAMILY. Makin Serius Terjuni Bisnis Motor 2 Tak Yang Nyata Menjanjikan Di Era Kini.

Dengan diberlakukannya regulasi baru menyoal standar emisi gas buang, eksistensi motor varian 2 Stoke atau 2 Tak pada range waktu sekitar 4 tahun ke belakang, frontal tergusur oleh motor bermesin 4 Stroke atau 4 Tak. Namun hal ini justru jadi sebuah fenomena menarik untuk disimak.

 

 

 

Yoi gaes. Menyimak sejarahnya, varian motor 2 Tak menoreh kejayaan di Indonesia pada dekade ’80-’90-an. Namun menapaki dekade 2000-an, pabrikan otomotif mulai enggan memproduksinya akibat mulai diberlakukannya aturan standarisasi emisi gas buang.

 

YAMAHA 125Z. Varian Bebek 2 Tak Yamaha Berbanderol Harga Fantastis Hingga Rp.40 Jutaan

 

“Tepatnya 2003 silam, Menteri Negara Lingkungan Hidup mengeluarkan Keputusan Menteri Nomor 141, yang mengharuskan ambang batas emisi gas buang kendaraan bermotor setara dengan standar Euro 2. Batasan ini diberlakukan untuk setiap kendaraan yang sedang diproduksi tepatnya pada 2005 silam,” buka Saipul Anwar, maestro modif RMS Modify Ipoell Design Bekasi yang detik ini total terjun mendalami ilmu motor 2 Tak.

 

HONDA NSR SP. Menggila Dengan Harga Fantastis Menembus Angka Rp. 70 Juta.

 

Doi paparkan bahwa peraturan ini dirasa memberatkan pabrikan motor khususnya 2 Tak yang memang pada saat itu tidak ada yang memenuhi standar emisi Euro 2. Sementara untuk bisa memenuhinya, tentu dibutuhkan waktu tidak sebentar untuk mendesain ulang motor 2 Tak dengan emisi gas buang jauh lebih rendah.

 

YAMAHA TIARA S. Varian Ayago Yamaha Berharga Pasar Rp.20 Jutaan.

 

“Endingnya, dengan berat hati, motor 2 Tak terpaksa disuntik mati, akibat permintaan pasar yang mulai menurun drastis. Salah satunya karena semakin banyaknya inovasi teknologi yang ditawarkan mesin 4 Tak dan juga yang tak kalah fenomenal adalah dilarangnya penggunaan motor 2 Tak di ajang MotoGP pada 2012 kemarin,” tandas Ipoell menyayangkan jika di penghujung era 2000-an, beragam varian motor 2 Tak berasa tak mampu memiliki nilai jual berbanderol tinggi alias tersia-siakan.    

 

YAMAHA TZM 150. Berharga Di Kisaran Rp.38 Jutaan, Tongkrongannya Bak Moge 2 Stroke.

 

Meski kala itu serasa tertelan jaman, namun kenyataannya kini, varian motor 2 Tak justru berbalik 180 derajat menjadi bagai sebuah harta karun yang kian diburu. “Kelangkaannya, menjadikan status sebagai barang buruan berharga khususnya bagi para pecinta sejati dan so pasti semakin meroket kastanya jauh melampaui kasta motor varian 4 Tak di kelasnya,” lugas sang belahan jiwa dinda Novie ini.

 

HONDA NOVA DASH. Bebek Ayago Ber-Single Sided Arm Yang Diburu Dengan Pantengan Harga Amazing Rp. 60 Jutaan.

 

Tak sedikit di antara pecintanya yang memiliki kenangan berkesan bareng motor 2 Tak kesayangannya. Di samping itu juga status bergengsi yang disandang seorang kolektor motor 2 Tak yang memang sudah tak diproduksi sebagai life style, jadi salah satu penyulut makin meroketnya kelas ragam varian motor 2 Tak apalagi kala menemui varian motor 2 Tak Build Up dan dianggap rare item alias limited edition.

 

KAWASAKI VICTOR S. Genuine Thailand, Limited Series Di Indonesia.

 

Dari fenomena ini lah tumbuh sebuah korelasi kreatif yang memang harus diakui menjadi sebuah lahan bisnis yang begitu menjanjikan, di samping pula keterlibatan keseruan atas proses perburuan, restorasi, perawatan serta pemasarannya. “Tepatnya setahun lalu, aku mulai mendalami serius dunia motor 2 Tak, dan memang benar-benar asyik untuk diterjuni dengan berbagai keseruan dan juga keuntungan yang menjanjikan,” cuap Ipoell.

 

YAMAHA RX KING 2008. Edisi Terakhir RX Series Berlampu Bulat Dengan Pasar Harga Rp.25 Jutaan.

 

Aktif menggali informasi dan berburu ke setiap sudut kota se-Jabodetabek dan Jabar, Ipoell pun mulai melengkapi koleksi motor-motor 2 Tak-nya. “Ada beberapa keseruan kala berburunya, seperti ketika mendapati Yamaha Champ di belakang kandang sapi di Jonggol, menemukan rongsokan Suzuki RGR di Cibinong dan menegosiasi rumit sesosok Yamaha F1ZR yang nyandar di tembok samping toko sembako di Jakarta Barat,” kekehnya.

 

YAMAHA F1ZR. Komoditi Bebek Yamaha Yang masih Bisa Didapat Mudah Dengan Harga Rp. 9 Jutaan.

 

Dan ketika kelar direstorasinya hingga berasa bak motor 2 Tak anyar keluaran dealer, Ipoell pun mulai kebanjiran order baik untuk penyediaan maupun restorasi motor 2 Tak menyeluruh nusantara. “Alhamdulillah sudah mengirim motor-motor 2 Tak hingga Bandung, Surabaya, Bengkulu, Dumai, Medan, Batam, Banjarmasin serta beberapa kota di Kalimantan Barat,” bangganya.

 

Memang tak mudah untuk membangkitkan kembali ragam motor 2 tak dari mati surinya. Ini dibuktikan Ipoell yang mau tak mau harus menjalin kerjasama dengan beberapa bengkel untuk penyediaan spare part dan jika sangat dibutuhkan untuk penyegaran dapur pacunya. “Untuk varian Kawasaki, aku menggadeng DAP Part Ciketing, Bekasi Timur, untuk varian Suzuki, aku percayakan sama Melia Motor Jakarta Timur dan untuk varian Honda 2 Tak, aku gandeng Mas Iwing dari Bekasi Timur,” bisik Ipoell.

 

Ditanya tentang varian motor 2 Tak yang saat ini jadi buruan terfavorit, Ipoell menjawab ada 3 varian, yakni RX King Peredam 2008, Suzuki Satria RU dan Yamaha 125Z. “RX King Peredam 2008 adalah varian terakhir produk RX series di Indonesia, harga pasarnya berkisar Rp.25 Jutaan. Sementara itu kini juga banyak permintaan Suzuki Satria RU untuk dikirim ke Malaysia, tentunya dengan banderol mata uang Ringgit dan terfenomenal, Yamaha 125Z kini mampu menembus angka fantastis Rp.40 juta bahkan hingga Rp.60 juta, mengingat varian ini banyak diburu untuk keperluan balap dengan performa dapur pacu yang dalam kondisi standar mampu melesat hingga kecepatan 180 km/jam,” tandas Ipoell.

 

 

Terpenting, ayahanda duo malaikat kecil Fico dan Fio ini berpesan agar lebih teliti dan hati-hati ketika akan terjun di gunia hobi dan life style bermotor 2 Tak. “Paling aman adalah dengan COD atau video call agar bisa melihat langsung kondisi motornya. Atau jika tak menungkinkan, bisa dengan minta bantuan rekan untuk mengecek kevalidan keberadaan barangnya mengingat kini marak beredar penipuan terutama via medsos,” pesan doi.

 

RMS Modify – Ipoell Design

Jl. Rawa Mulya Ciketing, gg. Ikhlas, RT 01, RW 02, No.107, Mustika Jaya, Bekasi

CP : Ipoel RMS (085770000524)

 

LIST HARGA PASAR MOTOR 2 TAK :

Honda NSR SP             : Rp. 70 Juta

Honda Is                      : Rp. 70 Juta

Honda Nova Dash       : Rp. 60 Juta

Yamaha 125Z              : Rp. 40 Juta

Yamaha TZM              : Rp. 38 Juta

Yamaha Touch            : Rp. 25 Juta

Yamaha Tiara             : Rp. 20 Juta

Yamaha Champ          : Rp. 10 Juta

Yamaha F1ZR             : Rp. 9 Juta

Suzuki RGR                 : Rp. 12 Juta

Suzuki RK Cool            : Rp. 10 Juta

Suzuki Satria Hiu         : Rp. 9 Juta

Suzuki Satria RU          : Rp. 8 Juta

Cagiva Stella               : Rp. 30 Juta

Kawasaki Serpico        : Rp. 80 Juta

Kawasaki Ninja R SE Old         : Rp. 20 Juta

Kawasaki Modenas      : Rp. 13 juta

Kawasaki Leo             : Rp. 15 juta                            

          

Foto : Mas Don / istimewa / teks : tito