HONDA C70 - SIDOARJO : MENU NYEBRANG PULAU

C70 berjantung CB150R, memang menjadi obsesi lama Ganang Bagus, untuk mengangkat pamor bebek di dunia komunitas motor tanah air. Pasalnya, jam terbang bikers yang berdomisili di Perum Jatikalang, Krian, Sidoarjo itu juga sebagai sesepuh Club Series Nusantara, aktif touring hingga menyebrang provinsi sebelah, bahkan juga pernah hingga luar pulau. Maka, kendati basis bebek wajib dong di upgrade performanya, asal safety.


Pandangan demikian ini yang kemudian diterapkan oleh Ganang pada kuda besi C70 hariannya. Sipnya, mesin dipinjam dari CB 150R. Untuk meredam vibra, rangka atas langsung diusung dari CB 150R. Pada bagian ini, Ganang memanfaatkan rangka atas tadi sebagai engine mounting, berikut dudukan radaiator. Bagian depannya dilas dengan komstir dan belakangnya disambung rangka monokok orsinya.

Malahan, engine mountingnya bawah bagian depan ditambahkan adaptor penerus rangka sebagai pembuang vibra mesin. Sedang engine mounting bawah bagian belakangnya, ditambahkan plat 2,5 mm, dibentuk sesuai tepi crankcase dan dikaitkan di rangka atas.

Dan desain engine mounting dan rangka tambahan ini juga atas pengaturan sudut mesin, yang diplot di 45 derajat Pada bagian ini, bodi belakang dipertahankan orsi C70. Cuman, lagilagi bagian bawah tangki yang juga sebagai spatbor belakang, berganti bordes 2,5 mm. Sipnya, spatbor buritan juga hasil restorasi dari plat galvanis, berikut adaptor stoplampnya.




Untuk performa mesin CB 150R, sebatas porting polish di intake dan exhaust manifoldnya, termasuk inlet pada throttle body. Cuman, injector berganti SRP 10 hole. "Selain untuk mendongkrak performa, injector 10 hole, efek ke mesin lebih smooth, " yakin Ganang yang mencangkok knalpot New Mega Pro itu.

Sedang perangkat ECU masih orsi CB 150R, termasuk perangkat kelistrikan lain. Kalau fuel pump dan pressure regulatornya, mesti dibuatkan dudukan baru di bagian bawah tangki.  Dan konversi power ke mesin, final gear mengusung 14-43, atas pertimbangan profil velg belakang TDR 160- 17 di belakang dan 140-17 di depan model cast wheel.

Pertimbangan output performa mesin yang makin gahar, maka kakikaki disempurnakan. Lewat aplikasi sok depan Supra X dan lengan ayun Supertrack, berikut suspensi YSS GP1. Dan desain bodi, masih dipertahankan C-70, seperti pada cover head, front top cover dan buritan. "Cuman, spatbor depan saya pilih dari Supra Fit," urai Ganang yang mencangkok projie sebagai penyandang penerangannya. l pid

SPEK CUSTOM
SOK DEPAN : Supra X, SOK BELAKANG : YSS GP1, STANG KEMUDI : C70, COVER HEAD : C70, HEADLAMP : Proji, SPATBOR DEPAN : Supra Fit, RANGKA TENGAH : CB 150R, KELISTRIKAN BEDOL : CB 150R, INJECTOR : SRP, THROTTLE BODY : CB 150R, ECU : CB 150R, FUEL PUMP : CB 150R, MESIN : CB 150R, LENGAN AYUN : Supertrack, VELG BELAKANG : TDR 160-17, VELG DEPAN : Supra X 140-17, BAN : Mizzle 90/110-17 & 90/90-17, CAKRAM DEPAN : PSM, CALIPER : Bremboo, TROMOL BELAKANG : Supra x, KNALPOT : New Mega Pro, BODY PAINT : Ivim custom paint, Klakah, Lumajang, MEKANIK : Pitung Ijo Bosok, Kricak, Jogja.


  • TERBARU
  • TERPOPULER
  • TERBANYAK