Porsche Macan Terbaru, Desain Lebih Tajam Dengan Engine Yang Lebih Gahar

PORSCHE MACAN. Desain sporty nan tajam, ada tiga versi dengan mesin garang.

Porsche baru saja meluncurkan Macan terbaru, yang mana varian SUV ini mendapatkan peningkatkan di banyak sisi, dari performa, tampang eksterior hingga konsep operasionalnya.



Dari tampilan luarnya, SUV Macan ini mendapatkan banyak ubahan yang lebih spesifik, yang mana desainnya lebih tajam dan sporty. Moncong depan didesain ulang dengan inlay yang senada warna bodi sehingga lebih mengesankan. Sedangkan di varian GTS, bumper dan elemen pakai warna hitam. Di buritan, terdapat diffuser yang lebih mencolok.



Eksterior luar juga kian menarik dengan banyaknya pilihan warna bodi, paling tidak ada 14 opsi warna keren, termasuk warna baru Papaya Metallic dan Gentian Blue Metallic, serta Python Green untuk Macan GTS dengan paket GTS Sport. Warna-warna ini terasa klop dengan fitur eksterior utama, seperti semua lampu LED dengan sistem bernama Porsche Dynamic Light System (PDLS) dan kaca spion eksterior Sport Design kini menjadi standar pada semua model.

 

 

KAKI-KAKI. Versi GTS dengan ring 21 inchi.



Kaki-kaki Macan juga terlihat kekar dengan dimensi besar, rinciannya spek pelek ban ban 19 inchi untuk Macan standar, 20 inchi untuk Macan S dan 21 inchi untuk versi Macan GTS. Yang pasti, ada tujuh desain roda baru yang bisa jadi pilihan.



Di dalam kabin, kesan sporty tetap terpancar meskipun Porsche juga melakukan perubahan interior, termasuk konsol tengah yang kian modern dan konsep operasional baru memanfaatkan permukaan sentuh di kokpit. Tuas transmisi juga lebih pendek di sisi tengah, namun sangat mudah diatur.  Jok dan trim juga dilengkapi kulit dengan jahitan kontras dengan beberapa opsi aksen, dari Gentian Blue, Pepaya atau Crayon.  

 

 

TUAS TRANSMISI. Lebih kecil ditunjang konsol tengah dengan touch-surface.



Lingkar kemudinya sendiri multifungsi dengan konsep sama seperti GT Sport baru dari 911. Pastinya, Macan terus menawarkan banyak fungsi dan layanan online sebagai standar, yang dapat dikontrol melalui layar sentuh Full HD 10,9 inci dari Porsche Communication Management atau melalui perintah suara.



Selain highlight hitam pada eksterior, Porsche juga menawarkan paket GTS Sport yang tersedia hanya untuk model teratas yang berisi perlengkapan khusus dan eksklusif terutama untuk interior, ermasuk kursi sport 18-way, paket interior Carbon, jok Race-Tex dengan elemen kulit, berbagai item dengan jahitan kontras dan huruf GTS dalam warna Python Green.

 

 

TONGKRONGAN MACAN S. Dibekali all-wheel-drive Porsche Traction Management (PTM).



Dapur pacu Macan gress ini dirilis dalam tiga versi, yang semuanya digandeng transmisi 7 speed dengan kopling ganda (PDK) dan sistem all-wheel-drive Porsche Traction Management (PTM). Versi yang teratas Macan adalah GTS, yakni bermesin Biturbo V6 berkapasitas 2900cc, dengan tenaga 324 kW (440PS), naik 44 kW (60PS) dari sebelumnya.



Yang kedua, adalah Macan S bermesin Biturbo V6 2900cc yang mampu menyemburkan tenaga 280 kW (380PS), sekitar 20 kW (26PS) lebih gahar dari sebelumnya. Sedangkan Macan standar punya konfigurasi mesin 4 silinder turbocharged yang sanggup menyemburkan daya 195 kW (265 PS).



Performa Macan GTS juga keren, kecepatan 0-100 km/jam bisa dilibas hanya dalam waktu 4,3 detik saja dengan memakai mode Sport Chrono. Top speednya juga enteng untuk tembus 272 km/jam. Macan S juga nggak jauh beda, 0-100 km/jam bisa cukup 4,6 detik dengan top speed 259 km/jam. Sementara, Macan standar punya top speed 232 km/jam, yang mana akselerasi 0-100km/jam membutuhkan waktu 6,2 detik.





penulis : @jepunk_ototrend
foto : porsche