2021 MV Agusta Brutale 1000RR, Versi Update Kini Lebih Brutal

BRUTALE 1000RR. Revisi mesin sesuai Euro5.

Pabrikan MV Agusta baru saja merilis versi update naked legendaris mereka, yakni seri Brutale 1000RR keluaran 2021. Meskipun tongkrongannya nggak jauh berbeda dari generasi sebelumnya, varian gress ini sudah mendapatkan banyak update kekinian.



Paling utama, revisi mesin yang sesuai dengan regulasi Euro5. Jadi, menyesuaikan peraturan batas emisi terutama di negara Eropa, MV Agusta sedikit mengubah beberapa part engine, terutama valve guide baru yang minim gesekan, dan tappet yang dicoating DLC.

 

TONGKRONGAN. Nggak jauh beda dengan generasi sebelumnya.



Tak hanya itu, camshaft juga diperbaharui untuk mendapatkan torsi yang lebih besar di rpm bawah, tanpa mengurangi power secara keseluruhan. Corong knalpot juga didesain ulang agar sesuai dengan ubahan tadi. Yang menarik, power juga tidak berkurang meskipun perangkat peredam dan catalyc diperbanyak. Powernya tetap di angka 205 bhp.



Kaki-kaki memang spek sama dengan sebelumnya, yang mana sok depan masih pakai suspensi buatan Ohlins, tetapi MV Agusta memberi opsi seting yang lebih banyak agar kian nyaman dipakai pengendara. Floating disc 320mm dan kaliper Brembo juga sama, tapi software ABS Control Unitnya berbeda, speknya lebih ke versi Continental.

 

 

TAMPILAN DASHBOARD. Dengan layar TFT 5 inchi.



Sementara, di bagian kokpit juga ditanam dashboard display TFT size 5 inchi baru, namun desainnya nggak jauh beda dengan yang sebelumnya. Dan sudah terintegrasi dengan navigasi dan GPS plus Mobisat Tracker. Sayang, harga Brutale 1000RR terbaru ini belum dirilis meski kemungkinan di angka £27,290 sampai £28,900.





naskah/foto ; punk/mv