Aprilia RS660 Trofeo Mulai Dijual, Spek Khusus Buat Balap

APRILIA RS660 TROFEO. Tampilan lebih racing, dengan part premium.

Setelah debut sukses diturunkan di OMR Aprilia, kuda pacu terbaru Aprilia RS660 Trofeo mulai dijual oleh Aprilia. Terbuka buat siapapun yang ingin memacu lightweight sport bike terbaru dari pabrikan berbasis di Noale Italia tersebut. Yang spesial, Aprilia RS660 Trofeo yang dijual umum ini merupakan spek balap, yang dibuat dan dirakit langsung di departemen balap Aprilia dalam program Factory Works.



Meski versi jalan raya Aprilia RS660 juga ready, tetapi untuk varian Trofeo ini merupakan transformasi spek balap, dengan komponen spek tertinggi, memadukan arsitektur sasis, mesin dan elektronik full racing. Jadi, tidak seperti versi jalan raya, RS660 ini dijejali dengan part performance kit yang benar-benar upgrade, termasuk fairing fiberglass.

 

 

DASHBOARD. Dengan setang semi-adjustable dan setelan khas motor balap.



Upgrade pertama di RS660 Trofeo ini ada di sisi elektronik, yakni tanpa ignition switch dan ABS. Jadi, remnya terpisah sehingga pengendaranya bisa merasakan sensasi motor balap khas RS660. Namun, ABS Control Unit masih ada, dan tetap tersambung dengan sistem elektronik terpadu.



ECU, tidak lagi versi biasa, tetapi race programable alias bisa diset untuk kebutuhan balap, lengkap dengan mapping full power yang diracik khusus oleh Aprilia Racing. Untuk varian balap ini, sudah dilengkapi dengan corong knalpot racing dari SC.



Suspensi depan-belakang lebih gila lagi. Garpu depan yang bisa disetel penuh ini merupakan tipe Misano spek khusus buatan Andreani.  Sementara, sok belakang disokong buatan Ohlins, tipe AP948 dengan fitur setelan preload, kompresi dan rebound damping. Baik roda depan dan belakang, sudah dipasangi ban Pirelli Supercorsa V3 SC1.

 

 

TAMPANG BELAKANG. Disokong ban Supercorsa, dan knalpot SC.



Karena berspek balap, sasis RS660 Trofeo juga diupgrade agar posisi kendara sisi depan lebih rendah dan agresif, namun tetap menggunakan setang semi-adjustable. Pijakan kaki juga bisa disetel ketinggiannya sehingga sesuai dengan postur tubuh ownernya.



Dapur pacu RS660 jelas lebih tinggi performanya, karena mesin twin segaris ini bisa mengeluarkan daya 106 hp. Ditunjang pemangkasan bobot yang hanya 153 kg, motor ini jelas super ringan, namun garang dari sisi tenaga. Aprilia sendiri juga menggandeng beberapa technical partner yang bisa menyokong Aprilia Racing, dari Castrol, Zanasi Group, Cruciata, Jetprime, Spider hingga Bike Lift.





naskah/foto : @jepunk_ototrend / aprilia