Nawa Racer Electric, Kombinasikan Batere Lithium-Ion Dengan Ultracapasitor, 0-100 km/jam Hanya Tiga Detik

NAWA RACER. Motor listrik bergenre modern retro.

Banyak pabrikan berlomba-lomba merilis kuda pacu elektrik, salah satu nya Nawa asal Perancis. Merek ini baru saja mengeluarkan model terbaru sepeda motor listrik yang diberinama Nawa Racer. Desainnya unik, karena mengandalkan gaya retro modern. Paling istimewa, motor listriknya tidak hanya disokong oleh batere, tetapi pakai ultrakapasitor. Jadi, bisa dibilang pakai hibrida.



Batere memang menjadi perangkat fital dalam industri kendaraan elektrik. Dan Nawa punya keuntungan tersendiri, karena mereka mengembangkan sendiri batere dan ultrakapasitornya. Alias tidak dipasok dari pabrikan lain.

 

 

TAMPILAN DEPAN. Kesan retro-nya mantab.



Nawa Racer ini tidak hanya ditopang oleh batere tipe lithium-ion dan ultrakapasitor, tapi juga mengambil energi dari regenerative braking. Dengan begitu, energinya berulang, yang mana 80% dari energi bisa diambil saat pengereman. Yang menarik, batere-nya juga kompak, hampir separo lebih kecil dari ukuran batere di motor listrik lain.



Sedangkan ultrakapasitor-nya sendiri difungsikan untuk menjaga akselerasi, tanpa mengurangi konsumsi batere, sehingga batere tetap pada levelnya. Otak dari Nawa Racer ini adalah sebuah Hybrid Management system (HMS) dan Energy Control Unit (ECU) yang mengatur motor listrik terpadu di dalam roda.

 

 

NAWA RACER. Tidak hanya pakai batere, tetapi juga ultrakapasitor.



Kemampuan Nawa Racer ini diklaim sangat mumpuni. Karena bobotnya yang ultra ringan berkat rangka dan struktur bodi serba almu, Nawa Racer ini pun sangat efisien. Hybrid-store pack bisa menghasilkan daya ke motor listrik 40 kW, dan bisa menempuh jarak hingga 150 km untuk penggunaan maksimal, dan range 300 km jika dipakai dalam eco-mode plus mengaktifkan energi dari stop-and-start serta regenerative-nya. Akselerasinya pun keren, 0-100 km/jam hanya ditempuh dalam waktu di bawah tiga detik.



naskah/foto ; punk/nawa