Ini Alasan Ducati Belum Bikin Motor Listrik

DUCATI ZERO. Salah satu motor konsep motor listrik Ducati.

Di saat bermunculan brand-brand baru yang menelurkan produk kendaraan elektrik, termasuk roda dua, Ducati menjadi salah satu pabrikan yang justru belum berencana memproduksi motor listrik. Padahal, Ducati dianggap mampu merilis kuda pacu elektrik, setelah melihat beragam produk dan model yang sudah dikeluarkan selama ini.



Rupanya, batere menjadi salah satu alasan Ducati belum mau mengembangkan motor listrik tersebut. Meskipun teknologi batere saat ini berkembang pesat, namun belum dianggap sesuai dengan performa dan karakter produk Ducati yang berstandar tinggi.



"Bisa dibilang, yang paling rumit untuk membuat dan mengembangkan motor listrik yang sesuai dengan performa Ducati adalah soal batere. Kami sebenarnya mengikuti evolusi dari komponen itu, dan juga mengevaluasinya, tetapi saat ini jumlah energi yang bisa disimpan dalam batere itu yang nantinya menentukan produk motor listrik yang sesuai," alasan Claudio Domenicali, CEO of Ducati Motor Holding.



Menurutnya, teknologi batere memang berkembang pesat, apalagi dengan batere lithium yang juga mumpuni, tetapi masih belum cukup untuk menampung energi yang dibutuhkan sesuai dengan bobot motor saat ini. Nggak heran, jika kebanyakan produk motor listrik saat ini adalah modern tapi minimalis, karena harus menyesuaikan antara kemampuan batere dan berat.



Ducati memang pernah mengeluarkan motor konsep elektrik, yang diberinama Ducati Zero. Dari sisi desain, motor ini memang berciri khas Ducati meskipun dikembangkan bersama Sekolah Desain Politeknik Milan.





editor : punk, foto : ducati