MV Agusta Rush 1000, Hyper Naked Berdaya 208hp, Hanya Diproduksi 300 Unit Sedunia

MV AGUSTA RUSH 1000. Hypernaked dengan fitur full-karbon dan part premium.

Sebenarnya, MV Agusta sudah merilis kuda pacu bergenre hyper naked bike bertitle Rush 1000 ini tahun lalu. Rush 1000 mengunggulkan kekuatan mesin, berikut paket suspensi premium dan pengereman, serta detailing fiberkarbon dan titanium. Sayangnya, hantaman pandemi membuat jadwal produksi Rush 1000 ini berantakan.

 

 

TAMPANG DEPAN. Desain lampu seperti MV Agusta Superveloce 800.



Kini, MV Agusta merilis ulang Rush 1000 dengan finishnya yang sedikit berbeda, warna serba gelap, sedikit berbau doft dan karbon serta aksen kuning di beberapa bagian. Sekilas, nuansanya benar-benar seperti produksi militer. Pastinya, masih dengan rencana produksi yang super terbatas, hanya 300 unit saja.

 

 

BURITAN. Dilengkapi lampu belakang LED.



Selain part yang premium, fiber karbon tetap menjadi salah satu unggulan Rush 1000 ini, dipakai di hampir semua part, dari penutup mesin, cover panas knalpot, underset cowl, rangka, penutup roda belakang, hugger dan spatbor, hingga ke air intake dan airbox cover. Sementara, lampu-lampunya juga keren, pakai LED dengan bentuk bulat di lampu utama dan bulat kecil di bagian belakang, konsep desain lampunya sama seperti MV Agusta Superveloce 800.

 

 

BODYPART. Nuansa serba gelap dikombinasi fiberkarbon.



Yang kejam dari Rush 1000 ini, dapur pacunya yang sudah lolos Euro5, menggunakan basis 4 silinder segaris 988cc liquid cooling. Mesin yang mampu menghasilkan tenaga 208 hp di putaran 13 ribu rpm ini, juga dibisa diajak lebih garang dengan Rush Race Kit, sehingga tenaga mesin bisa melonjak di angka 212 hp di putaran 13.800 rpm. Torsinya sendiri di angka 116,5 Nm di putaran 11 ribu rpm. Dengan kapasitas tangki yang 16 liter, bobot kosong Rush 1000 ini adalah 186 kg. Namun, jika ditambah race-kit sekitar 184 kg.

 

 

ENGINE. 4 silinder 988cc bertenaga 208 hp.

 


Jeroan mesin Rush 1000 dijejali dengan part premium seperti con-rod titanium berikut klep radial, kemudian crankshaft-nya diperingan dan combustion chamber-nya juga didesain ulang. Mesin ini ditopang throttle-body 50mm dengan dual-injector, masing-masing 4 injektor bawah dari Mikuni dan 4 injektor atas dari Magneti Marelli.

 


Penulis Ototrend yakin, karena digandeng manajemen mesin dan ECU Elder Nemo 2.1 dan ride-by-wire oleh Mikuni, daya mesin dan torsi pun bisa dimentokan oleh pengendaranya. Apalagi, girboks 6 percepatannya sudah pakai electronic-up and down quickshifter, berikut clutch-actuator dari Brembo, plus back-torque limiter, sehingga roda belakang akan tetap smooth saat downshifting.

 

 

SANGAR & AGRESIF. Kombinasi performa dan fitur yang komplit.



Di sektor kaki-kaki, Rush 1000 ini dibekali perangkat premium dari Ohlins yakni garpu depan fully-electronic adjustable tipe NIX EC berdiameter 43mm. Sementara, di sisi belakang menggunakan monosok Ohlins EC TTX yang juga bisa disetel penuh secara elektrik. Kian stabil, dilengkapi pula dengan electronic-steering damper dari Ohlins, dan bisa disetel manual maupun otomatis.

 

 

KAKI-KAKI. Disokong suspensi dari Ohlins, termasuk garpu depan dan monosok.



Untuk pengereman, part buatan Brembo adalah yang terbaik. Kali ini, Rush 1000 mendapatkan cakram Brembo size 320mm dobel di sisi depan, dengan kaliper radial 4 piston Stylema. Sementara, yang belakang menggunakan ukuran 220mm single disc berikut kaliper Brembo 2 piston dan pompa rem PS13.

 

 

BAN BELAKANG. Tetap unik dilengkapi wheelcover.



Pemanja kenyamanan rider, Rush 1000 juga dilengkapi riding-aids. Paling utama, torque control system yang bisa disetel dalam empat setingan. Selain itu, terdapat juga kontrol traksi delapan mode, plus wheelie control. Ada juga perangkat ABS seri MK100 untuk memastikan pengereman terbaik saat hardbraking dan mengurangi gejala wheelspin ataupun wheellift terutama di roda belakang.

 

 

MONOSOK BELAKANG. Ohlins EC TTX yang juga bisa disetel penuh secara elektrik.



Di kokpitnya, sudah terpancang layar LCD TFT ukuran 5,5 inchi full-colour yang menyajikan informasi motor secara komplit, dan bisa dihubungkan dengan smartphone lewat bluetooth. Kokpit ini juga sudah dilengkapi fungsi GPS dan terpadu navigasi di layarnya, serta bisa dicek lewat aplikasi MV Agusta Ride dan tracking satelit khusus wilayah Eropa.

 

 

RACING KIT. Corong knalpot SC hingga race-ECU.



Yang pasti, eksklusivitas MV Agusta Rush 1000 ini adalah adanya race kit, yang dipacking dalam bok kayu. Di dalamnya, terdapat knalpot dobel buatan SC, race ECU, penutup jok belakang, knalpot hingga instrumen dan fuel cap CNC. Selain itu part CNC seperti tuas rem, dan kopling juga disertakan. Tak hanya itu, ada juga sepasang auxiliary riding lights dan cakram berpola khusus, plus sebiji AGV Pista GP helmet.





naskah : @jepunk_ototrend
foto : mv agusta