Zongshen Cyclone RX6, Tourer Andalkan Mesin Norton Twin 650cc

ZONGSHEN CYCLONE RX6. Dengan desain dan basis mesin Norton twin.

Sejak dekade 2000-an, Norton sebenarnya sudah punya rencana mengembangkan kuda pacu bermesin parallel-twin 650cc yang diklaim punya tenaga 84 hp sebagai basis motor segmen barunya. Di saat yang sama, Norton juga menyetujui lisensi desain motor ini kepada Zongshen tahun 2017, meskipun saat itu proyek mesin parallel-twin 650cc belum benar-benar selesai.



Karena itulah, Zongshen juga menyiapkan purwarupa dengan sub-brand Cyclone. Sayangnya, kelanjutan riset ini terhenti setelah Norton mengalami krisis keuangan tahun 2020, yang kemudian brand Norton diakusisi oleh TVS Motor.

 

 

TAMPANG GAGAH CYCLONE RX6. Profil tinggi berfitur komplit.

 

Proyek Cylone akhirnya dilanjutkan oleh Zongshen sendirian dengan prototipe bernama Cyclone RX6, yang sudah komplit dan sudah diuji, tinggal menunggu kesiapan produksi massal.  Prototipe ini sempat dipajang tahun 2019 lalu dengan dua versi, satu menggunakan pelek cast alloy, sedangkan yang satunya memakai pelek ruji.



Keduanya, punya basis sasis dan mesin yang sama seperti Norton 650cc, namun powernya lebih rendah, hanya 70 hp. Meskipun masih di bawah prototipe asli Norton 650cc yang 84 hp, tetapi paling tidak powernya sudah menyamai beberapa model Jepang lain di segmen yang setara, seperti Kawasaki Versys 650 ataupun Suzuki V-Strom 650.

 

 

FITUR. Sudah pakai dashboard TFT 7 inchi.



Cyclone RX6 ini punya tampang yang gagah dan profilnya tinggi, dengan punuk tangki 21 liter, dengan kelengkapan fitur dan teknologinya juga nggak kalah dengan motor Jepang atau Eropa. Suspensi depannya USD dan monosok belakang juga bisa disetel.



Lampu-lampu pun sudah LED dari lampu depan, DRL, sign hingga taillight.  lalu dashboard-nya pakai TFT ukuran 7 inchi, sudah keyless, dan beberapa partnya premium, seperti rem radial dari Nissin, dan perangkat elektronik dari Bosch termasuk ABS-nya.

 

 

KAKI-KAKI. Pakai up side down dengan dobel disc Nissin plus ABS dari Bosch.



Meskipun gaya dan powernya setara dengan para rivalnya, Cyclone RX6 yang punya bobot total 540 pound ini dianggap lebih berat 60-70 pound daripada Versys ataupun V-Strom. Meski begitu, Zongshen berani fight dengan harga yang lebih murah.





naskah/foto : punk/zongshen