Porsche Siapkan Macan All-Electric, Gunakan Prototipe Virtual, dan Siap Tempuh Uji Coba Sejauh 3 Juta KM

PORSCHE MACAN. Sudah diuji coba, baik secara virtual ataupun langsung di jalanan.

Diam-diam, Porsche sudah mengembangkan model Macan all-electric yang rencananya bakal dikeluarkan tahun 2023 mendatang. Proses riset dan uji model terbaru ini juga intensif dilakukan di Pusat Pengembangan Porsche di Weissach, dan juga diuji coba jalan raya. Porsche Macan ini termasuk generasi kedua SUV kompak dalam Premium Platform Electric (PPE) milik Volkswagen Group.



Yang menarik, hingga saat peluncuran tahun 2023 nanti, Macan All Electric ini bakal menempuh uji coba sebanyak 3 juta km, yang mana prototipe digitalnya juga sudah ditest dengan kilometer yang tak terhitung jumlahnya, termasuk di uji coba di ruang virtual.

 

PROTOTIPE MACAN. Juga menggunakan prototipe digital yang lebih hemat.



Porsche sendiri membangun kurang lebih 20 prototipe digital yang tidak hanya hemat waktu dan biaya, tetapi juga hemat sumber daya. Pasalnya, menggunakan prototipe digital dan model komputasi ini bisa menghasilkan replika properti, sistem, dan unit daya kendaraan yang punya akurasi tinggi. Hal ini memungkinkan konflik desain yang belum ditemukan dapat diidentifikasi dan diselesaikan dengan cepat.

 

 

PROSES PENGEMBANGAN PORSCHE MACAN. Ditargetkan siap meluncur 2023.



"Kami secara teratur menyusun data dari berbagai departemen dan menggunakannya untuk membuat kendaraan virtual lengkap yang sedetail mungkin," jelas Dr Andreas Huber, manajer prototipe digital di Porsche.



Sementara, prototipe Macan untuk test jalanan juga dikamuflase agar tidak terlihat jelas tampang aslinya. Meski begitu, dari tongkrongannya mengisyaratkan gaya khas Porsche Macan, dengan bentuk grill depannya yang khas dan lampu 4 titik LED. Sedangkan sisi belakang juga nggak jauh beda dengan Macan generasi sebelumnya, tetapi punya desain lampu memanjang dan buritan tinggi.

 

 

DETAIL PORSCHE MACAN. 100% elektrik dengan arsitektur 800 volt.



Untuk dapur pacunya sendiri masih dirahasiakan oleh Porsche. Yang pasti, 100% full elektrik dengan jangkauan sekitar 480 km dengan perkiraan kapasitas batere hingga 100 kWh. "Seperti Taycan, Macan sepenuhnya listrik, dengan arsitektur 800 volt, akan menawarkan Porsche E-Performance," ucap Michael Steiner, Anggota Dewan Eksekutif Porsche.




naskah/foto : punk/porsche