Hyundai Staria, MPV Premium & Futuristik, Perintis Mobilitas Masa Depan

HYUNDAI STARIA. MPV terbaru dengan eksterior yang futuristik dan mewah.

Hyundai Motor Company merilis satu lagi kendaraan multi-purpose vehicle terbaru, bernama Staria. Dengan tampilan yang premium dan futuristik, Staria ini digadang-gadang sebagai model masa depan Hyundai di ranah Purpose Built Vehicle (PBV).



Sekilas, tampilan luar Staria memang futuristik banget, berbentuk seperti pesawat ruang angkasa. Desain eksteriornya sendiri didefinisikan layaknya sebuah gerakan dari depan ke belakang - terinspirasi dari kurva cahaya yang menerangi langit saat matahari terbit jika dilihat dari luar angkasa.



Moncong depan Staria yang dilengkapi Daytime Running Lights (DRL) horizontal dan lampu pendukung yang memanjang di bagian depan kendaraan, serta gril radiator memberi kesan yang tebal dan lebar dengan pola yang unik. Siluet tampilan depan bersih semakin diperkuat sepasang lampu depan yang rendah.

 

 

TAMPANG LUAR. Terlihat bongsor namun kompak dengan style body yang premium.



Hyundai menggunakan warna eksterior yang sama untuk semua bagian depan kendaraan. Namun, ada delapan warna eksterior: Abyss Black Pearl, Creamy White, Graphite Grey Metallic, Moonlight Blue Pearl, Shimmering Silver Metallic, Dynamic Yellow, Olivine Grey Metallic dan Gaia Brown Pearl.



Di dalam kabin, kesan eksklusif dan mewah terpancar dari kombinasi warna jok dan interiornya. Kursi pengemudi dan penumpang di baris pertama dirancang untuk memberikan kesan luas dan nyaman. Tata ruang interior Staria yang sederhana dan fokus pada hal-hal penting untuk memberikan lebih banyak ruang dan fleksibilitas bagi para penumpang.



Yang menarik, Staria yang hadir dalam dua varian ini bisa diseting antara 2 hingga 11 konfigurasi kursi, sehingga cukup fleksibel dalam penataan kursinya. Seperti di varian/tipe Premium 9-seater, kursi perseorangan di baris kedua dapat berputar 180 derajat untuk berhadapan dengan penumpang pada baris ketiga. Tak hanya itu, fitur-fitur dan sentuhan akhir eksklusif sehingga tampilan dan nuansanya lebih mewah.

 

KABIN & INTERIOR. Lapang dengan konfigurasi jok yang fleksibel.



Staria ini punya dua pilihan engine, yakni mesin diesel VGT 2.2 liter turbocharger dan mesin bensin MPI 3.5 liter Smartstream G6DIII. Mesin diesel ini bisa mengeluarkan daya 177 PS dan torsi 44 kgf-m. Sedangkan mesin bensin G6DIII 3,5-L MPI yang digandeng transmisi otomatis delapan-percepatan, menghasilkan estimasi output tenaga 272 PS dan torsi 33,8 kgf-m.



STARIA telah memiliki tingkat keamanan kendaraan tertinggi. STARIA menawarkan pilihan untuk menambahkan 6 airbags, dan semua kursi telah dilengkapi dengan sabuk pengaman three-point dan sandaran kepala. Keamanan semakin didukung oleh fitur terdepan seperti Forward Collision Avoidance Assist (FCA) dan Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA).

 

 

FITUR-FITUR. Cukup lengkap yang memanjakan pengendara dan penumpang.



Fitur safety lain juga dijejalkan secara lengkap di Staria, seperti Wireless Module Seat Belt Reminder (WM-SBR), sistem pengingat akan penggunaan sabuk pengaman pertama di dunia yang telah menggunakan teknologi komunikasi nirkabel, memungkinkan penumpang untuk menikmati manfaat dari sistem pengingat sabuk pengaman dan kemampuan geser yang panjang pada saat yang bersamaan.

 

Kemudian Safe Exit Assist (SEA) mencegah pintu terbuka. Rear Occupant Alert (ROA) yang menggunakan sensor radar untuk mendeteksi dan memperingatkan pengemudi jika penumpang pada bagian belakang tertinggal di dalam mobil setelah pengemudi keluar dari kendaraan.

 



 
naskah/foto : @jepunk_ototrend/hyundai