MotoGuzzi Genap Berusia 100 Tahun, Tetap Berpedoman Pada Nilai Dan Tradisi 'Logo Elang'

PERAYAAN 100 TAHUN MOTOGUZZI. Bakal dimulai dengan gelaran MotoGuzzi World Days di Mandello Del Lario, 9-21 September 2021 mendatang.

Usia seabad, menjadi pencapaian bersejarah Motoguzzi, salah satu merek legend asal Italia yang punya ciri khas berlogo Elang tersebut. Tepat 15 Maret 2021 lalu, MotoGuzzi pun merayakan momen legendaris seratus tahun eksistensinya, dari kali pertama muncul hingga saat ini.



"Seratus tahun perayaan Moto Guzzi merupakan momen yang membanggakan bagi Piaggio Group, yang mana “Eagle Brand” telah bergabung sejak 2004, maupun bagi industri di Italia secara keseluruhan, tidak hanya pada sektor sepeda motor. Kemampuan berinovasi, keberanian melangkah maju, semangat kompetitif, kecintaan terhadap produk, serta perhatian detail terhadap kualitas produksi merupakan keterampilan selama bertahun-tahun yang dikombinasikan Moto Guzzi dengan hubungan uniknya pada komunitas lokal," tutur Roberto Colaninno, Chairman sekaligus CEO Piaggio Group.

 

 

PARA PENDIRI MOTOGUZZI, Carlo Guzzi (mengenakan topi), Stanley Wood (pilot), dan Giovanni Parodi.



Elang yang membentangkan sayapnya, adalah logo khas MotoGuzzi, terinspirasi dari masa dinas militer dari para pendiri, Carlo Guzzi dan Giorgio Parodi, yang tersemat di lengan seragam Angkatan Udara Royal Italia saat Perang Dunia Pertama.



Saat perang terjadi, kedua sahabat ini bersama dengan pilot Giovanni Ravelli memutuskan untuk berfokus membuat pabrik sepeda motor setelah konflik berakhir. Namun Ravelli telah gugur pada peristiwa di tahun 1919 dan pada akhirnya tidak dapat mewujudkan impiannya. Oleh sebab itu, Guzzi dan Parodi memilih Elang sebagai simbol untuk mengenang persahabatan mereka.

 

Dan pada 15 Maret 1921 perusahaan “Società Anonima Moto Guzzi” resmi didirikan, yang ditujukan untuk “manufaktur dan penjualan sepeda motor serta aktivitas relevan lainnya atau terhubung dengan industri pengerjaan logam”.

 

 

PABRIK MOTOGUZZI. Semua produknya dirilis dari pabrik legendaris Mandello del Lario.



Mandello del Lario - di pabrik tempat sepeda Moto Guzzi masih diproduksi hingga saat ini, yang telah dikenal dalam sejarah sepeda motor dunia, memproduksi sepeda motor yang telah menjadi bagian dari imajinasi kolektif, seperti: sepeda motor GT 500 Norge (1928) yang dikendarai hingga ke Kutub Utara oleh Giuseppe, saudara dari Carlo Guzzi, Airone 250 (1939), Galletto (1950), yang menginisiasi motorisasi massal pada periode pasca perang.



Kala itu, Giuseppe Guzzi melakukan touring menuju lingkaran Kutub Utara dengan GT “Norge”-nya; memulai sebuah tradisi yang terus berlanjut hingga saat ini, dengan para traveler yang berkelana bersama Moto Guzzi setiap harinya, di suatu tempat di dunia, menuju tempat yang jauh.

 

 

TEROWONGAN ANGIN MOTOGUZZI. Masih bisa dikunjungi hingga saat ini.



MotoGuzzi juga menjadi pabrikan yang pertama kali membangun terowongan angin dalam industri sepeda motor. Tahun 1950, terowongan angin MotoGuzzi dibangun, dan masih ada hingga saat ini.  Terowongan angin ini dibangun oleh para insinyur seperti Umberto Todero, Enrico Cantoni dan seorang desainer yang cepat menyandang status legendaris, Giulio Cesare Carcano dari Milan, pencetus Otto Cilindri, atau yang dikenal dengan V8, dengan kecepatan tertinggi 285 km/ jam (1955), dan prototipe yang memenangkan 15 gelar kecepatan bergengsi dunia dan 11 gelar Tourist Trophy antara 1935 dan 1957.



Pada 1960-an, setelah kendaraan roda dua ringan Stornello dan Dingo, Moto Guzzi mengeluarkan 700 cc 90° V-twin engine dengan penggerak akhir poros cardan, yang akan menjadi simbol pabrikan Mandello pada model legendaris seperti V7 Special, V7 Sport, California, dan Le Mans.

 

Mesin secara konsisten berevolusi model ini dan sekarang didukung dengan fitur kontrol elektronik mutakhir, mentenagai kendaraan roda dua Moto Guzzi yang paling populer, seperti jajaran V7, V9 Roamer dan Bobber, dan tourer V85TT terhebat, yang menjadi enduro klasik pertama di dunia.

 

 

BRAND MOTOGUZZI. Telah memenangi banyak kejuaraan balap dunia, dan kini juga menggelar MotoGuzzi Fast Endurance.



Selama seratus tahun, Moto Guzzi telah memenangkan sirkuit balap di seluruh dunia, mengibarkan bendera Italia untuk 14 Gelar Kejuaraan Dunia. Termasuk untuk sepeda motor dengan rekor kecepatan tertinggi, menjadi sebuah simbol pertumbuhan negara yang menatap masa depan, sepeda motor yang dikendarai oleh tentara dan kepolisian, dan memperluas kemampuannya ke ranah internasional, seperti memperkuat Kepolisian California.

 

Dan baru-baru ini mendukung pasukan polisi di Berlin dan banyak kota Eropa lainnya, serta pengawalan kesultanan di Yordania. Moto Guzzi juga merupakan sepeda motor yang digunakan oleh Corazzieri, sebuah satuan elit yang mengawal presiden Italia.

 

 

DIGUNAKAN OLEH CORAZZIERI. Satuan elit yang mengawal presiden Italia.



Hingga kini, Moto Guzzi merupakan divisi penting dari Piaggio Group, konstruktor sepeda motor dan skuter terkemuka di Eropa, yang terus melestarikan karakteristik asli Moto Guzzi, memperkenalkan nilai-nilainya dan mempertahankan posisinya yang terdepan. Dan yang teristimewa, sejak tahun 1921, setiap Moto Guzzi yang telah diluncurkan di dunia diproduksi oleh pabrik di Mandello, tempat dimana perusahaan ini didirikan seratus tahun lalu.

 

PERAYAAN 100 TAHUN MOTOGUZZI. Bakal dimulai dengan gelaran MotoGuzzi World Days di Mandello Del Lario, 9-21 September 2021 mendatang.



Berbagai rangkaian sepeda motor Moto Guzzi telah diperbaharui secara ekstensif, melalui penerapan fitur teknis mutakhir pada alat bantu berkendara elektronik, dengan tetap mempertahankan nilai dan gaya otentiknya. Setiap motorbike Moto Guzzi diproduksi oleh pabrik di Mandello del Lario dengan detail dan presisi tinggi serta berkomitmen untuk memberikan keunikan dan identitas otentik.

 

Pastinya, tetap mengunggulkan gaya klasik Moto Guzzi dengan teknologinya yang terdepan, serta mencerminkan filosofi kuat dalam menciptakan hubungan spesial antara motor dan pengendaranya.

 




naskah : punk, foto : motoguzzi