Renault Lahirkan Ulang R5 Retro Dalam Versi Modern

RENAULT R5 TERBARU. Masih tetap kompak, tanpa meninggalkan warisan DNA R5.

Salah satu model legendaris Renault, yakni R5 coba dimunculkan kembali meskipun saat ini masih dalam bentuk prototipe. Tampang klasik, kecil dan kompak Renaut R5 ini pun diwujudkan dalam rupa mobil baru Renault yang lebih modern, namun tidak meninggalkan ciri khas R5-nya.



"Penampilan R5 ini terkesan nakal saat dirilis pertama kali tahun 1972, namun dalam desain baru ini, R5 masih meninggalkan ciri khasnya, karena ini adalah warisan Renault," ucap Nicolas Jardin, sang desainer eksterior R5 terbaru ini.



Secara tampilan, R5 terbaru ini memang punya dimensi yang lebih besar daripada R5 klasik, namun tampang modernnya juga dibalut dengan banyak update teknologi dan desain modern, terutama untuk bentuk kap, lampu-lampu dan sisi belakang yang tanpa bonnet.

 

 

PERBANDINGAN DESAIN. Antara Renault 5 SL yang klasik, dengan Renault R5 Prototipe. Sama-sama keren kan?



Tentu saja, seluruh lampu-lampunya tidak lagi menggunakan bulb, melainkan sudah LED yang akan menyala otomatis, dilengkapi juga dengan daytime running light. Semua lampunya pun sudah berteknologi terkini, yang memungkinkan integrasi gerakan dengan suasana sekitar.



Penampilan simbol dan pengetahuan inilah yang ingin direproduksi Nicolas Jardin pada Prototipe Renault 5. Sambil mendorongnya ke masa depan. Kemudian, roda-roda juga dilengkapi dengan desain pelek baru yang lebih eksplosif dibandingkan bawaan R5 yang pakai almu.



"Yang jelas, semua desain R5 baru dan modern ini masih menyisakan elemen asli dari R5, baik lampu-lampu, kap, grill hingga bentuk kaca. Dimensinya memang lebih besar, namun tetap kompak dan tidak meninggalkan ciri khas R5 klasik selama ini," tutup Nicolas Jardi.





editor : punk, foto : renault.