SXR 160, Skutik Terbaru Aprilia, Segera Rilis Di Indonesia?

APRILIA SXR 160. Meramaikan pasar skutik 160cc.

Akhir tahun lalu, Piaggio resmi meluncurkan salah satu skutik terbaru, yakni Aprilia SXR 160 untuk pasar India. Skutik yang punya range warna glossy red, glossy white, matte blue dan matte black ini dipasarkan dengan harga 125.997 rupee atau sekitar Rp 24 jutaan. Bagaimana fiturnya?




Dengan harga 24 jutaan jika dikalkulasikan dalam rupiah, tentu saja SXR 160 sudah punya modal harga dibawah skutik-skutik berkapasitas 150-160cc, sebut saja PCX ataupun NMax. Bahkan, hitungannya lebih mudah dari produk Honda dan Yamaha tersebut.

OPTION WARNA. Cukup komplit.

Secara tampilan, SXR 160 punya roh desain Aprilia Global, karena itulah mirip-mirip dengan produk Aprilia sport bike, terutama dari lampu depan, bentuk body hingga buritan. Semua lampunya pun sudah full-LED, baik sisi depan ataupun lampu belakang. Tampilan bodynya juga terlihat mulus, dengan bodypaint finish tiga lapis, grafis khas Aprilia dan adanya beberapa elemen krom gelap.

 

 

DAPUR PACU. Mesin 160,3cc dengan tiga klep.



Dapur pacu SXR 160 juga mumpuni, yakni basis mesin 1 silinder injeksi 3 valve 160,3 cc berpendingin udara yang menghasilkan tenaga 10,7 dk dengan torsi puncak 11,6 Nm. Memang, jika dibandingkan dengan tenaga NMax 155, SXR 160 lebih kecil tetapi kekurangan ini tertutup dengan fitur lain yang komplit.

 

 

DEK TENGAH. Terdapat bagasi dan colokan USB.



Kelengkapan kaki-kaki standarnya pun lumayan, dari suspensi teleskopik di sisi depan, dan single shock di sisi belakang yang siap meredam goncangan dari roda-roda 12 inchi dengan ban tapak lebar. Lalu, komplit  disc brake dengan kaliper twin pot plus ABS.

 

 

PANEL INSTRUMEN. Full digital multifungsi.



Sementara, fitur lain juga komplit, apalagi di bagian cluster instrumen. Di sini, terdapat instrumen digital multi fungsi, indikator speed digital, rpm meter, indikator km, kecepatan rata-rata, top speed, fuel, ABS hingga indikator malfungsi mesin.




Dengan beragam fitur dan keunggulannya, Piaggio Indonesia pun layak mendatangkan skutik satu ini di Indonesia, apalagi pasar skutik 160cc masih cukup terbuka lebar.

 

 



editor : punk, foto : istimewa