Kejamnya Tampang Yamaha XR9 Carbona, XSR900 Custom Full Fiberkarbon

YAMAHA XR9 CARBONA. Custom bike yang digarap oleh Bottpower.

Bisa jadi, inilah salah satu motor custom di program Yamaha Yard Built yang paling radikal dan kejam tampangnya. Dikerjakan oleh Bottpower dari basis Yamaha XSR900, motor yang diberinama XR9 Carbona ini pun terlihat kompak, ringan tapi tetap agresif. Fitur unggulannya, semua part yang menggunakan fiberkarbon.

 

 

TAMPANG DEPAN. Kompak dengan lampu custom LED.



Pemunculan XR9 Carbona ini menarik, karena dikerjakan oleh gerai Bottpower setelah terinspirasi oleh dua kemenangan di dua kategori balap Pikes Peak International Hill Climb di Colorado Amrik tahun 2017 silam. Lebih menarik lagi, Bottpower tidak hanya membuat XR9 Carbona ini satu biji, tetapi memproduksi kit nya sehingga bisa dipasang modif ke XSR900 standar tanpa modifikasi frame.

 

 

SHROUD. Menyatu dengan tangki.



"XR9 Carbona memang terinspirasi dari kemenangan di Pikes Peak, jadi kami rasa XSR900 jadi basis yang tangguh buat custom modifikasinya, dan memang target kami menghasilkan wujud motor yang cool, cepat tapi juga modern dan agresif. Pastinya, kami juga bikin kit yang tinggal plug and play di XSR900," tukas David Sánchez, manajer Bottpower.

 

 

UJI KEMAMPUAN. Lincah dan agresif.



Dari tampang luar, XR9 Carbona ini punya wujud yang spesifik mengarah ke part full karbon fiber, dari fuel tank cover yang menyatu dengan air intake, jok karbon dan buritan, plus lapisan kulit Alcantara. Kemudian, sudah digawangi juga dengan part custom lain seperti lampu belakang, sign lamp custom, plat nomor depan, tutup raditor plus winglet, serta tutup gear dan belly pan.

 

 

DASHBOARD & SETANG. Full fiberkarbon.



Pengerjaan XR9 Carbona pun intensif, digarap sejak dari goresan di kertas kosong untuk kit-nya, lalu menggunakan desain komputer dan akhirnya diseting ke komposit dan 3D printing. Yang pasti, keseluruhan gaya XR9 Carbona ini menunjukkan keagresifan dan kekuatan otot ditunjang dengan dapur pacu XSR900 yang juga powerfull.

 

 

CORONG KNALPOT. Disokong Akrapovic.



Bottpower XR9 Carbona ini dijual mulai harga 4,975 Euro untuk XSR900 base kit dan ada tambahan 450 Euro untuk MT-09 Option. Ada juga varian lain, seperti paintwork, spatbor depan custom, plat nomor, dan sprocket set seharga 5485 Euro.




naskah : punk, foto : bottpower.