Toyota Mirai Generasi Kedua, Disokong Fuel Cell Hidrogen

TOYOTA MIRAI TERBARU. Diklaim lebih efisien dari sisi konsumsi listrik.

Toyota Jepang resmi meluncurkan Mirai terbaru yang lebih canggih. Toyota Mirai generasi kedua ini kini berplatform hydrogen fuel cell electric vehicle (FCEV), yang mana motor listriknya disokong dengan fuel cell hidrogen.



Ada dua varian Mirai yang dirilis oleh Toyota, yakni varian standar G dan varian teratas Z yang semuanya dalam opsi delapan warna. Harganya mulai 7,1 juta yen untuk varian G, dengan beberapa paket khusus, yakni paket A yang sudah dilengkapi fitur Toyota Teammate Advanced Park seharga 7,35 juta yen, dan paket executive dengan penambahan fitur kenyamanan mulai harga 7,55 juta yen.

 

 

DASHBOARD. Komplit dari sisi safety dan kenyamanan.

 

Sedangkan varian Z dilego mulai harga 7,9 juta yen, yang mana varian ini adalah paket executive yang ditambah beberapa optional, hingga harga tertingginya adalah 8,05 juta yen.

 

DISPLAY TFT. Saat memakai fitur Toyota Teammate Advanced Park.



Cukup banyak fitur yang diunggulkan Toyota Mirai satu ini, terutama safety and driver-assistance systems. Mirai sudah dilengkapi fitur Toyota Safety Sense terbaru, termasuk di dalamnya ada Pre-Collision System with Pedestrian Detection, yang memungkinkan mobil mengenali pejalan kaki, pengendara sepeda ataupun hal emergency lain di manapun.

 

 

JEROAN MIRAI GENERASI KEDUA. Berplatform hydrogen fuel cell electric vehicle (FCEV),



Selain itu, Mirai juga dilengkapi full-speed Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), yang mana perangkat ini akan aktif jika terjadi insiden mendadak di kecepatan di atas 48km/jam. DRCC juga memungkinkan pengendara bisa menyalip mobil lain lebih halus, dengan akselerasi dan deselerasi yang lebih lembut.

 

 

FUEL CELL. Kini ditopang hidrogen.



Batere Mirai sendiri juga bisa disokong dengan colokan luar DC, dengan suplai listrik maksimal 9kW. Tetapi, juga bisa dicolok langsung ke listrik AC rumah dengan daya 100 volt 1500 watt. Pemakaian listrik rata-rata Mirai terbaru ini sekitar 400 wh, atau konsumsi untuk empat hari pemakaian.

 

 

FITUR INTERIOR. Colokan yang multifungsi.




naskah/foto ; punk/toyota