YAMAHA E-VINO, Skuter Listrik Mungil Cocok Buat JJS

E-VINO. Resmi dipasarkan di Jepang.

Yamaha e-Vino, skuter listrik mungil ini pernah dibawa Yamaha Indonesia sebagai perkenalan tahun 2017 silam, setelah dipajang untuk kali pertama di Tokyo Motor Show 2015. Namun, tidak ada rencana Yamaha Indonesia untuk memasarkannya. Meski begitu, varian e-Vino terbaru justru sudah siap disebar ke pasar, terutama untuk JDM secara resmi.

 

 

MOTOR LISTRIK. Ditopang batere dengan range 29 km.



Generasi terbaru e-Vino ini memang tidak jauh beda dari pendahulunya soal tampang luar, namun jeroannya lebih disempurnakan lagi. Bobot e-Vino ini sekarang bisa dipangkas, hanya 68 kg saja. Selain itu, baterenya juga gress, bertipe lithium-ion 50V. Memang baterenya lebih berat, tetapi hanya enam kilogram saja, masih terbilang ringan jika ditotal dengan motornya.

FITUR E-VINO. Minimalis.



Perawakan e-Vino yang mungil dan cenderung imut ini memang diseting bukan untuk perjalanan jarak jauh, tetapi dijadikan small-scale urban vehicle, alias seputaran kota, ke sekolah, belanja atau putar-putar komplek saja. Apalagi, daya tahan baterenya memang terbatas untuk jarak 29 km saja. Namun, disiapkan baterei cadangan yang menambah jarak tempuh e-Vino jadi 58 km.

 

 

YAMAHA E-VINO. Bobotnya cukup ringan.



Mode kendaranya pun terbatas, hanya dua mode yakni standar dan power. Selain itu, ada tombol boost yang bisa membuat akselerasi spontan untuk 30 detik. Jadi, cukup membantu untuk menambah kecepatan atau saat naik tanjakan.  Di Jepang, e-Vino ini dijual sekitar 259,600 yen atau US $2,505. Jika dirupiahkan, sekitar Rp 36 jutaan. Berminat?

 



naskah/foto : punk/ymh