HONDA NEW BEAT VERSI MALAY : Basis Spek Sama, Beda Di Varian & Buritan Lampu Pisah

NEW BEAT NEGERI JIRAN. Dirilis dengan harga under Rp 20 jutaan.

Buat warga +62, skutik brojolan Honda ini terbilang motor sejuta umat, sampai-sampai punya sebutan 'mbeerr' saking banyaknya dipakai kaum muda yang senang menggebernya. Di negeri Jiran, varian gress New Beat juga baru saja dirilis, ada yang berbeda?

 

 

BURITAN. Lebih sporty dengan lampu sign terpisah.



Oleh Boon Siew Honda, apm Honda di Malaysia, New Beat ini dimunculkan ke publik dengan banyak ubahan dari generasi sebelumnya. Memang, basisnya masih sama, yakni bermesin 1 silinder 108,2cc injeksi pendingin udara, dengan daya 8,67 hp (6.47 kW) di revoluasi 7500 rpm dan torsi 9,63 Nm di putaran 5500 rpm. Mesin ini punya fitur eSP alias enhanced Smart Power, efisiensi bbm lebih baik namun juga bertenaga dan spek Euro4.

 

 

SPEEDOMETER. Beda dari generasi sebelumnya.



Namun, fitur dan kelengkapannya dikompliti, paling utama basis rangka eSAF atau enhanced Smart Architecture Frame, yang lebih kaku, stabil namun nyaman buat manuver. Selain itu, tampang luarnya juga gress, terutama bodywork, grafis dan lampu-lampu yang sudah pakai LED, terutama lampu depan. Yang bikin beda dari Beat versi Indonesia, sisi buritan yang mana desain stop lamp dan sign lamp terpisah, diseting ala sport bike. Plus tambahan mata kucing di tiap sisinya. Desain pelek dan spion juga beda.

 

SISI DEPAN. Desain baru.

 


Karena desain bodywork berubah, kapasitas tangki dan bagasi underseat juga beda. Dibandingkan versi lawas, tangki lebih besar dari 4 liter menjadi 4,2 liter. Sedangkan kapasitas bagasi underseat atau U-box bertambah 0,5 liter menjadi 11,7 liter. Meski begitu, bobot motor justru berkurang 4 kg ke angka 90 kg saja. Fitur lain yang ditambahkan, antara lain buka tutup jok, parking brake lock, dan speedometer.

 

KAPASITAS TANGKI & BAGASI. Kini lebih besar dan muat banyak.

 


Sayangnya, skutik ini dirilis dalam empat varian warna saja, yakni Vivacity Red, Force Silver Metallic, Pearl Nightfall Blue dan Space Magenta Metallic. Gampangnya, sebut saja warna merah, silver metalik, biru dan magenta.  Bandingkan Beat versi keluaran Astra Honda Motor yang punya pilihan warna sampai sembilan option. Harganya sendiri, sekitar 5.555 ringgit atau kurang dari Rp 20 jutaan.

 

PILIHAN WARNA. Hanya empat option saja.

 


naskah/foto : punk