Urban Cruiser, SUV Kolaborasi Toyota-Suzuki, Bermesin Vitara Brezza

TOYOTA URBAN CRUISER. Compact SUV hasil kolaborasi dengan Maruti Suzuki.

Toyota dan Suzuki berkolaborasi menelurkan mobil baru bernama Urban Cruiser. Mobil bergenre compact SUV ini dirilis di India, yang mana basis yang dipakai adalah Maruti Suzuki Vitara Brezza, dan dirakit di pabrik Maruti Suzuki di Gurgaon.

 

 

FITUR UNGGULAN. Keyless start, cruiser control dan AC otomatis



Sekilas dari tampak luar, Toyota Urban Cruiser ini memang seperti Brezza, namun juga merujuk ke gaya khas Toyota Fortuner. Salah satu perbedaannya adalah grill depan, bumper seperti dagu, plus bagian sisi bawah yang berbentuk trapesium, menunjukkan gaya desain khas Toyota selama ini.

 

 

FITUR LUAR. Wiper otomatis.



Selain itu, ada garis bodi dan kap yang lebih tegas, dengan skid plate berwarna silver dan lampu utama LED. Sementara, roda-roda menggunakan spek yang sama dengan Brezza, termasuk pelek alloy 16 inchi model diamond.

 

 

PELEK. Diamond-cut alloy 16 inchi.



Di sisi interior, identik dengan Brezza, yang mana cukup banyak fitur standar yang disematkan, dari keyless engine start, AC otomatis, cruise control, electrochromic rear-view mirror, dan headunit layar sentuh. Ada aksen dual tone coklat tua di bagian kabin, sedikit beda dengan Brezza yang kebanyakan beraksen hitam full.

 

 

INTERIOR. Kompak dengan 4 penumpang, ada aksen coklatnya.




Dapur pacu Urban Cruiser ini adalah mesin K-series 1500cc bensin, platformnya juga sama persis dengan mesin K15B yang dipasang di Brezza. Meskipun belum ada spesifikasi resminya, namun diperkirakan mesin ini bisa mengeluarkan daya sekitar 105 ps (103hp) di putaran 6000 rpm, dan torsi 138 Nm di putaran 4400 rpm.

MESIN. K-series 1500cc bensin.



Engine Urban Cruiser ini digandeng transmisi 4 speed matik plus hibrid atau 5 speed manual tanpa hibrid. Untuk hibridnya, tersambung ke starter generator dan batere lithium-ion, yang digunakan untuk torque assist, regenerative braking dan idle-start stop.

 

 

HEADUNIT. Layar sentuh.




Karena belum ada spesifikasi resmi dari Toyota India soal konsumsi bahan bakar, namun diperkirakan punya rerata 18,76 km/liter atau 5,33 liter per 100 km untuk varian matik, dan 17,03 km/liter atau sekitar 5,87 liter per 100 km. Cukup irit !

 

TAMPANG. Kompak dengan dimensi 4 meter.




Harganya sendiri diprediksi di kisaran  11 ribu rupee, dengan sembilan pilihan warna, termasuk enam warna monotone seperti Suave Silver, Groovy Orange, Iconic Grey, Spunky Blue, Sunny White dan Rustic Brown. Sedangkan warna two-tone yang tersedia antara lain Rustic Brown dan Spunky Blue beratap warna hitam, dan Groovy Oranye beratap putih.

 


naskah/foto : punk

 


REDAKSI   |   KODE ETIK   |   DISCLAIMER