YAMAHA XT500 H2O CONCEPT. Si Kuda Besi Peminum Air

MOTOR KONSEP XT500 H20. Basis enduro 1970an.

Jika pabrikan otomotif lain berlomba-lomba merilis dan membangun kendaraan berbasis listrik, Yamaha justru merilis motor konsep spesial, yakni kuda besi berbahan bakar air yang diberinama Yamaha XT500 H20.




Motor konsep ini mengambil basis dari motor trail enduro Yamaha XT500 yang pernah diproduksi oleh Yamaha antara tahun 1976 sampai 1989.  Dan dikerjakan oleh desainer spesialis industri asal Austria, Maxime Lefebvre, yang butuh waktu cukup lama untuk menyelesaikan motor konsep satu ini. Satu keunggulan motor konsep XT500 H20 ini adalah bebas kebisingan, karena motor bergerak senyap dan pastinya tanpa emisi.

 

 

KAKI DEPAN. Kekar dengan steering unik.




Core dari motor konsep XT500 H20 adalah high-tech engine, yang menggunakan mesin modifikasi tapi digerakan oleh waterpump. Sayangnya, detail dari spesifikasi engine ini tidak disebutkan lebih lanjut oleh Lefebvre. Namun, banyak juga yang menduga jika mesin bekerja dengan bantuan tekanan air yang sangat tinggi. Dengan adanya tekanan ini, bisa menggerakan water wheel, yang kemudian alirannya masuk ke injektor tanpa kehilangan tekanan awal.

MODIFIKASI ENGINE. Pakai tekanan air.



Secara tampilan, XT500 H20 masih berbau enduro, namun sasis dan tampilan luarnya berubah drastis, sangat modern bahkan sangat futuristik. Mekanisme steeringnya juga unik, yang mana handlebar dan sok depan tidak langsung tersambung, jadi ada link di dalam frame sebagai pengatur steeringnya.

 

TAMPILAN LUAR. Modern dan sangat futuristik.




Versi orisinil XT500 keluaran 1970an dikerjakan oleh Shiro Nakamuda, dengan kombinasi roda-roda 21 inchi di depan dan 19 inchi di belakang. Di masanya, XT500 terkenal sangat mumpuni sebagai off road bike karena mesinnya simpel dan mudah dalam perawatan. Karena bentuknya yang kompak dan bobotnya ringan, motor ini punya akselerasi bagus.

 


naskah/foto : punk/yamaha