Mercedes Benz Kembangkan Airbag Untuk Backseat

Selama ini, airbag menjadi perangkat keselamatan wajib di berbagai varian mobil. Namun, kebanyakan yang dipasang di sisi depan, yakni sopir dan penumpang di sampingnya. Mercedes-Benz, selangkah lebih maju dengan mengembangkan airbag untuk semua penumpang, artinya jok belakang pun bakal dipasangi perangkat ini.




Airbag untuk penumpang belakang ini rencananya bakal dipasang di Mercedes Benz model S-Class generasi terbaru yang bakal dirilis 2 September 2020 mendatang, dan ini merupakan mobil pertama di dunia dengan airbag penumpang. Memang, detail airbag untuk penumpang belakang ini belum diumumkan, tetapi seperti airbag umumnya, airbag ini hanya dirancang untuk melindungi penumpang saat terjadi benturan frontal.


Airbag ini terpasang di bagian belakang jok baris pertama yang akan terbuka saat tabrakan terdeteksi. Desainnya dibuat berbentuk U yang berfungsi seperti sarung tangan penangkap sekaligus membuat kepala penumpang jadi lebih terlindungi. Selain itu, juga sangat adaptif untuk kursi anak-anak, karena menyatu integral dengan sabuk pengaman sebagai tolok ukur baru keselamatan bagi penumpang kursi belakang.


Selain airbag untuk penumpang belakang, Mercedes Benz juga telah meningkatkan fungsi Pre-Safe Impulse Side, yang mana terdapat sensor radar untuk mendeteksi dampak samping yang akan terjadi dan kemudian mengembangkan bantal udara.

 

 


naskah/foto ; punk/mb