VN5, Mobil Niaga Elektrik Yang Multifungsi

VN5. Van multifungsi yang ditopang motor listrik.

Melihat tampang luarnya, sekilas mobil niaga satu bernama VN5 ini persis dengan taksi-taksi yang bersliweran di jalanan di kota-kota Inggris. Bisa dimaklumi jika mobil ini mirip dengan taksi Inggris, karena memang satu produsen dengan TX5, varian Taxi TX.




Namun, mobil niaga bertipe van satu  ini merupakan mobil  listrik ringan, yang diproduksi oleh London Electric Vehicle Company (LEVC). LEVC sebelumnya bernama The London Taxi Corporation, yang juga dimiliki oleh grup raksasa Zhejiang Geely Holding, yang juga pemilik brand Proton, Volvo, Lotus dan beberapa brand lain.

 

 

PINTU SAMPING & BELAKANG. Ukuran besar untuk mempermudah keluar masuk barang.




VN5 ini memang berbasis TX yang dibodi ulang menyesuaikan kemampuan motor listrik. Perubahannya meliputi pintu samping sliding ukuran besar. Kemudian, pintu belakang juga bisa dibuka super lebar agar mudah untuk menaik-turunkan barang. Daya angkut besar, menjadi kemampuan utama VN5 ini karena kapasitas cargonya bisa mencapai 5500 liter atau setara 5,5 kubik. Jadi, misalnya dijejali dengan dua palet besar ukuran 830 kg masih muat.


Meski dari segi gaya mirip atau identik dengan TX, VN5 punya leot eksterior dan interior terutama grill, dashboard dan jok yang berbeda. Van ini juga punya turning radius hanya 10,1 meter sehingga sangat ideal untuk putar-balik di gang-gang sempit.

 

 

INTERIOR. Terbilang mewah dan berfitur lengkap.




Fitur yang disematkan ke VN5 terbilang komplit. Perlengkapan standarnya antara lain dual-zone climate control, head unit layar sentuh 9 inchi, keyless, DAB digital radio, lampu LED depan otomatis, electronic parking brake dan 3 mode berkendara (Pure EV, Smart and Save). Selain itu, sudah dilengkapi airbag, TMPS atau pengukur tekanan ban, ESC, ABS serta fitur darurat macam autonomous emergency braking dan forward collision warning.

 

 

KAPASITAS KARGO. Hingga 5500 liter.




Satu hal yang menarik dari VN5 ini adalah dari sisi dapur pacu. Mobil ini menggunakan motor listrik 150PS yang diletakkan di bagian belakang, catu dayanya dari batere lithium 31 kWh. Dan motor listrik ini langsung tersalur ke roda belakang. Sementara, ada tambahan mesin 3 silinder 1,5 liter turbocharge yang diletakkan di depan. Uniknya, mesin 3 silinder ini tidak tersambung ke roda-roda. Rupanya, hanya akan menyala sebagai back-up saja ketika batere lemah atau drop.

 

 

TAMPILAN LUAR. Mirip taksi Inggris TX.



Daya jelajah VN5 ini lumayan jauh, antara 93 km hingga 484 km dengan tambahan e-City extener dan mesin 3 silinder yang ditopang tangki 36 liter dinyalakan. Batere-nya sendiri recharge secara otomatis ketika mobil berjalan, namun juga bisa dicharge ke colokan listrik AC atau colokan DC. Pengisian baterenya pun superfast, hanya 30 menit hingga full. VN5 ini dikeluarkan dalam tiga varian, yakni Business, City dan Ultima. Harganya, 46,5 ribu poundsterling untuk tipe business, 48 ribu poundsterling untuk tipe City dan 52 ribu poundsterling untuk varian Ultima.



naskah/foto : punk/levc