HONDA NX 650 ‘91, VAGABUND MOTO - AUSTRIA : Super Slim & Super Presisi Adventure Vagabund V13 Hasil Olah 3D Printing.

Ada beberapa Builder yang memiliki faham 'gaya bebas', dimana mereka menggiling plat dan memalu logam hingga benar-benar mampu menghasilkan sebuah dimensi sesuai dengan naluri seninya. Sebaliknya, ada juga kalangan Builder yang dalam berproses custom, sebelumnya mereka rencanakan semuanya dengan cermat untuk  mendapatkan tampilan dan kesesuaian hingga hitungan milimeter yang sempurna, tentu saja dengan bantuan teknologi secara maksimal.

 

 

Paul Brauchart dan Philipp Rabl yang adalah Builder Vagabund Moto dari Graz-Austria bias dikatakan tergolong dalam kubu Builder modernis dengan ragam karya-karya seni custom yang begitu akurat dan luar biasa presisi. Dan mereka baru saja merampungkan satu mascot anyar, Honda NX650 Dominator yang terbilang paling ramping dari yang pernah diolah custom. “Kali ini kami mencoba untuk merancang bangun motor varian 'offroad' minimalis yang berfungsi maksimal serta memenuhi standarisasi motor legal di Austria dengan nama Vagabund V13,” sambut Paul yang mengungkapkan butuh waktu 2 tahun untuk merampungkannya dengan sempurna.

 

 

 

 

“Kami benar-benar fokus mendesain konsep offroad / outdoor yang kami korelasikan dengan konsep super bersih sesuai soul kami. Nah, dengan NX650 ini, kami mencoba menggabungkan dua preferensi ini" imbuh Philipp. Dikatakannya lagi, banyak waktu yang terbuang dalam proses desain konstruksi Vagabund V13 demi menghasilkan penampakan tangki bahan bakar dan sektor buritan yang kohesif untuk dicetak 3D print.

 

 

 

 

Kali ini Vagabund V13 menggunakan bahan cetak Nylon PA12 3D yang dikatakannya memiliki kekuatan tarik tinggi, ditambah dengan kekuatan akan benturan dan ketahanan lelah. Unit tangki anyar, tail unit dan kover air filter diproduksi dengan bahan ini, berikut juga beberapa braket serta rumah switchgear.

 

 

Bidang joknya dirancang bangun dari bahan Alcantara yang kuat dan tahan lama, didesain dengan inspirasi konsep jok motorcross modern. Sementara itu sektor depan ditampilan lebih tradisional dengan menggunakan fork teleskopik non USD dan untuk mendukung rekondisi performa dapur pacu 644cc twinport silinder tunggalnya, dipancang lah unit knalpot custom berleher manifold dobel menyatu dalam satu silencer produk Akrapovič. Terinstal pula bidang pendingin oli baru dari merek Jerman Off The Road.

 

 

Uniknya, kali ini tersemat juga sepasang tabung bahan bakar GKA. Menancap kuat pada custom rack di kedua sisi sub frame customnya. Tujuan aplikasinya jelas, yakni untuk memaksimalkan jangkauan pada perjalanan jarak jauh. Menyempurnakan kenyamanan, unit suspensi buritan Pro-Linknya dioper posisi shock breaker Wilbers. Hasil secara keseluruhannya, tampilan anjungan buritannya kini benar-benar sangat estetik.

 

 

 

Menyimak pasangan kaki-kakinya, tampak set velg alumunium dilapis finishing powder coat anti gores dan dirangkai dengan set jeruji stainless dan dicekik set karet ban enduro Bridgestone Battlax. Mendukungnya, lingkar piringan cakram 265 mm depannya telah disempurnakan aplikasi piringan cakram aftermarket berdiameter 320 mm. Dan tepat di atasnya, terpasang fender depan Husqvarna TC85 berikut pemanis custom made cargo rack tubular. Difungsikan juga sebagai braket seins mini Kellermann Atto, Highsider headlight dan piranti quick release mounting system sebagai pengikat unit weatherproof Black Ember storage bag.

 

 

Area setang juga tampak baru dengan instalasi setang dan riser anyar, serta holder dan tuas baru. Sektor kelistrikan juga dirangkai ulang berbekal wiring loom baru, yang dipamungkasi aplikasi set stop lamp dan seins Kellermann di sebuah dudukan plat nomor custom.

 

 

Benar-benar sebuah karya seni custom mumpuni yang tak hanya sekedar menjiplak atau mereplika. Tentunya Paul Brauchart dan Philipp Rabl akan terus berinovasi seni custom dengan tetap berpegang teguh pada kesempurnaan desain dan kepresisian dimensi dengan dukungan teknologi.

 

 

 

Foto : Vagabun Moto, Teks : Tito Monster