HONDA CT122 HUNTER CUB 2020 : Kamuflase Super Cub Bersosok Scrambler.

Sejak pertama kali konsep motor bebek CT125 Hunter Cub dipamerkan di 2019 Tokyo Motor Show, tak jamak yang menyangka jika varian ini akan diproduksi masal. Namun kepastian ini tercium ketika nama CT125 Hunter Cub resmi terdaftar dalam list varian motor yang siap dirilis Honda Jepang dalam program ‘Virtual Motorcycle Show pada 27 Maret 2020 ini.

 

Bisa disimpulkan jika Hunter Cub adalah versi bebek outdoors dari varian Super Cub. Keduanya memiliki basis rangka yang sama, hanya saja untuk CT125 disemati beberapa modifikasi untuk mengunggah roh bebek bernuansa off-road. Perbedaan tegas Nampak di sektor detailing dimana Super Cub memiliki tampilan siluet begitu bersih dengan semua instalasi kabel yang sengaja disembunyikan rapi di balik body semi rampingnya. Bertolak belakang dengan Hunter Cub yang tampak lebih radikal dengan tampilan semi telanjang, memperlihatkan rangka, mesin, dan semua kabel.

 

 

Namun, aura muscular cub begitu kental terbaca ketika Hunter Cub digagahi satu set roda berjeruji, crash bar, dan rak bagasi kecil untuk menyempurnakan konsep off road stylenya. Menyimak dimensinya, Hunter Cub tampak lebih panjang dengan jarak wheelbase 49,4 inci dan kapasitas tangki bahan bakar yang lebih besar hingga 1,4 galon. Alhasil CT125 memiliki bobot lebih berat yakni 120 kg, lebih berat 11 kg dibandingkan Super Cub.

 

Knalpot didesain atraktif bergaya off road dengan manifold melingkar ke atas dan bermuara di sebidang knalpot hight-set muffler yang dilengkapi protector shield futuristik. Mendukungnya, unit dapur pacunya dilengkapi konstruksi tameng pelindung berikut penguat down tube knock down. Mendukung kehandalan menjelalah medan off-road, CT125 dipancangi set fork teleskopik model sport sepanjang 4,3 inci. Mendukung keamanan maksimal, Hunter Cub disemati sepasang piranti rem cakram berteknologi ABS.

 

 

Menyimak dapur pacu CT125, dipastikan sama dengan dapur pacu Super Cub standar dengan mesin 4 Tak 124,9 cc, berpendingin udara, SOHC, silinder tunggal dengan bore 52,4mm dan stroke 57,9mm. Menurut situs media Honda Jepang, Hunter Cub memiliki tenaga 8,7 HP (6,5 kW) dan torsi 8,1 lb-ft (11 Nm) yang disempurnakan gearbox semi-otomatis empat kecepatan.

 

 

  

Menyoal pilihan warna, Honda CT125 Hunter Cub baru ditawarkan dalam dua pilihan warna yakni Glowing Red dan Matte Fresco Brown. Model ini akan secara resmi dirilis selama Honda Virtual Motorcycle Show dan diprediksi mulai dijual pada Juni 2020 di Jepang. Pertanyaannya, akan kah varian keren ini juga dipasarkan di Indonesia? Semoga.

 

Foto : Honda Japan, Teks : Tito Monster