D SPORTSTER 883 '96 - ICONIC BIKE : HD W-Engine Custom Pertama di Dunia

KREATOR-KREATOR custom anak negeri memang sanggup melahirkan masterpiece 'gila', salah satunya kuda besi custom yang menjadi Iconic Bike di ajang Suryanation Motorland 2017 ini.


Motor ini merupakan kolaborasi Lulut Wahyudi dari Retro Classic Cycle Jogja, dan Kaichiro Kurosu dari Cherry's Company dari Tokyo Jepang serta mesin 3 silinder berbasis HD Sportster 883 yang dikerjakan oleh Yusuf Adib Mustofa dari gerai Psycho Engine aka Semangat Putra Motor Purwokerto.

Awalnya, Iconic Bike yang merupakan proyek ke-3 di ajang Suryanation Motorland akan dijejali konsep chopper. Namun, setelah custom mesin dikerjakan, akhirnya sepakat diubah konsepnya menjadi Digger sehingga Kurosu dan Lulut sepakat mesti merombak ulang custom sasis yang dikerjakan langsung di Jepang.



"Yang paling lama, mungkin pengerjaan custom rangka, dan waktu pengiriman mesti bolak-balik dikirim dari Jepang ke sini dan sebaliknya," tutur Kurosu. Yusuf sendiri cukup tertantang membangun ulang mesin 3 silinder ini, meskipun ini bukan proyek mesin custom yang pertama kali digarapnya.

Tambahan blok silinder baru membutuhkan perhitungan teknis yang presisi. Jika dinalar, 3 silinder tentu butuh 6 camshaft, namun diseting menjadi 5 camshaft, karena jika dipaksa menggunakan 6 tidak akan ketemu rasio, karena itulah blok mesin baru dibangun ulang dengan mengatur banyak bagian, dari perhitungan derajat posisi silinder depan, ukuran klep, hingga kruk as.

Tentu saja, pengapian juga diseting ulang. Yang pasti, tambahan 1 silinder membuat kapasitas mesin naik hingga 1324cc, yang mana masingmasing silinder disokong oleh karbu Keihin PWK38. Tenaga ekstra besar yang dihasilkan dari mesin 3 silinder ini pun diteruskan girboks custom ke roda belakang super gambot.

Rencananya, Iconic Bike 2017 ini akan diberangkatkan ke ajang International Bike Expo di Verona Italia, bersama motor yang berhasil meraih The Greatest Bike Suryanation Motorland 2017. l tim