MIDUAL TYPE 1 : FRAME MONOKOK TAMPANG SUPERMEWAH

BANYAK BRAND motor dunia yang cikal bakalnya dari garasi. Midual, termasuk salah satu brand asal Perancis yang berkembang juga dari garasi. Motor yang dijejali mesin boxer ini dikembangkan oleh Olivier Midy, setelah lulus dari sekolah teknik mesin tahun 1992 lalu.


Yang menarik, mesin boxer yang dikonsep Midy sedikit berbeda dengan boxer asal Jerman. Dia mendesain flattwin engine bersudut 25 derajat, sehingga mesin akan lebih simpel dan tidak perlu menggunakan penggerak rumit seperti shaft-drive, tapi cukup rantai seperti motor kebanyakan.

Nah, Midual Type 1 adalah motor generasi pertama garapan Midy yang memulai debut konsepnya di Paris Motorshow 1999, kemudian dikembangkan lagi delapan tahun kemudian. Tahun 2017 ini, Midual Type 1 mulai dipasarkan dengan mesin yang benar-benar sempurna, yakni tipe flat-twin 180 derajat berkapastias 1036cc dengan bore x stroke unik, ukuran 100mm x 60mm. Disokong dua buah throttle body 54mm, crankshaft bisa menghasilkan daya 106 hp di putaran 8200 rpm dan torsi 69 ftlb di putaran 5500 rpm.




Dari luar, Type 1 juga spesial, karena mengadopsi frame almu-alloy tipe monokok yang dicat sand-casts. Rangka monokok ini unik, karena juga difungsikan sebagai tangki fuel. Yang pasti, mesin boxer ini diberi 2 cooler.

Undercarriage, sumbu roda Type 1 berkarakter sporty dengan sumbu roda 59 inci saja, jadi akan sangat gesit untuk bermanuver. Kombinasi rake 24- 25 derajat juga enak dan tidak terlalu agresif.

Dilego $185 ribu, Midual Type 1 ini difinishing sangat mewah, dari dashplate, leather, dan engine casing yang kebanyakan mengambil ide dari mobilmobil mewah asal Inggris. l
 

  • TERBARU
  • TERPOPULER
  • TERBANYAK