BMW F800S – INGGRIS : TRAILRIDER X-OVER MASKOT RADIKAL AVON

Ketika sebuah pabrikan produsen ban siap mempromosikan produk terbaru ban varian dual-sportnya, pasti mereka akan memilih maskot BMW R1200GS sebagai pendukung utama promonya. Namun, ini tak berlaku bagi raksasa pabrikan ban dunia asal Inggris, Avon Tyres yang sudah beroperasi sejak 1904 silam.


KALI INI mereka tampil out of the box dengan merilis sebuah maskot custom berbasis BMW F800S dengan front end bersuspensi custom radikal. Ditajuki The ‘TrailRider X-Over’, maskot ini merupakan buah karya seni custom dua builder Perancis, Charles Henrick Gaurier, yang bekerja di Avon Perancis dan Thierry Marie, seniman spesialis logam cor.

Berkolaborasi aktif, keduanya sukses merilis maskot custom berkaki Avon dual purpose dengan unggahan peleburan konsep custom antara café racer dan scrambler berkaki bobber sebagai inspirasi custom pecinta trail, sekaligus ajang promo jika Avon sudah merilis produk ban dual sport type Trail- Rider dengan terobosan kadar silica paling banyak jika dibanding jajaran produk ban manapun.




Menyimak sosok TrailRider XOver, hanya unit dapur pacu parallel twin Rotax dengan interval pembakaran 360 serajat khas motor Inggris lawas, set roda dan monoarmnya yang orsi bawaan BMW F800S, selebihnya, all out dirancang bangun custom. Paling menawan, terlihat di unit front endnya.

Dirancang bangun dengan pengembangan inspirasi konstruksi suspensi springer motor klasik yang didesain ulang. Single suspensi diposisikan dalam bingkai triple clamp, yang ditekan oleh arm custom (bersumbu pada fork rigid depan) yang meneruskan tekanan sepasang tuas link pengikat arm roda bersumbu di ujung bawah fork rigid depan.

Arm, link, serta fork depan rigidnya difabrikasi dari bahan alumunium cor 2017/AU4G. Material yang sama juga digunakan untuk merancang bangun frame custom, tangki, seat cowl, fenders dan rumah speedo. Intake airbox juga didesain ulang, berikut head lamp ber-LED custom.

Mempermanisnya gambar splashes color bendera Union Jacks dipasang di kover air intake, berikut pewarnaan rangka dan pelek biru British Airways. Lebih dari 800 jam pengerjaan, Thierry dan Charles sukses menelurkan maha karya maskot custom Avon dengan aplikasi begitu banyaknya piranti alumunium hasil custom. TrailRider X-Over hanya memiliki bobot 155kg, dengan rekor performa dapur pacu 85hp dan 86Nm berdasar pengujia dyno. l tito


  • TERBARU
  • TERPOPULER
  • TERBANYAK