Ratusan Siswa Ikuti Seleksi AHM Best Student (AHMBS) Regional Jatim.

Kompetisi kreatif siswa siswi SMA atau sederajat, AHM Best Student (AHMBS) 2023 resmi dibuka. Pada regional Jatim dan NTT, lebih dari 111 siswa dari 52 sekolah mengikutinya. Meski duduk di bangku SMA, beragam ide yang menarik dan inovatif dikirimkan ke MPM Honda Jatim guna melalui proses seleksi.

 

Isu yang diangkat mulai dari ekonomi, sosial, serta lingkungan seperti yang tercermin dalam Sustainable Development Goals (SDG’s). 13 karya finalis telah terpilih lolos seleksi dan maju ke babak presentasi di seleksi AHMBS 2023 tingkat regional Jatim & NTT. Tampak antusias, finalis dari 12 sekolah mengikuti seleksi regional secara daring 7,8 Agustus lalu.

 

“Dengan semangat Sinergi Bagi Negeri”, melalui kegiatan ini kami ingin mengajak mengajak generasi muda dalam mengangkat kepedulian serta menjawab isu global melalui karya kritis, kreatif, terstruktur, dan bermanfaat untuk negeri ini. Kompetisi ini telah menciptakan ruang bagi mereka untuk berbagi pandangan dan inspirasi dalam melalui karya yang memikat brilian yang dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar." kata Vinensia Kenanga, Corporate Secretary Head MPM Honda Jatim.

 

IMG 20230810 WA0004

 

Bertema “Gen Z Kuat, Indonesia Hebat" PT. Astra Honda Motor (AHM) bersama dengan PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) menggelar seleksi AHMBS 2023. Gelaran ke-21, AHMBS 2023 menyajikan dua kategori perlombaan, yakni kategori ide dan kategori invensi.

 

Kategori Ide yakni gagasan karya atau konsep yang diwujudkan dalam bentuk minimal satu purwarupa atau sampel atau prototype. Belum dibuat secara massal, dan belum dijual ke masyarakat umum. Ide yang masih dalam tahap konsep tetap memperhatikan unsur kemudahan penerapan dengan hasil berupa prototype.

 

IMG 20230810 WA0007

 

Sementara itu pada kategori Invensi, siswa dapat mempresentasikan karya sudah terwujud dalam produksi yang sudah digunakan minimal 3 bulan dan dibuat lebih dari 1 unit, sudah dijual ke masyarakat. Karya di Invensi ini sudah bisa diuji dampak yang dihasilkan bagi masyakarat berupa produk atau jasa.

 

Karya Gen Z ini dikurasi melalui seleksi berjenjang hingga 6 tahapan. Seleksi dimulai dengan seleksi administrasi dilanjutkan bertarung di tingkat regional hingga nasional melalui makalah dan presentasi. Kegiatan penjurian AHMBS dilakukan pada periode 01 April – 29 Juli 2023. 13 karya yang mengikuti seleksi presentasi dan 4 peserta , 2 karya terbaik kategori Ide dan 2 karya terbaik kategori Invensi akan mengikuti seleksi tingkat nasional pada bulan September dan oktober 2023.

 

Naskah/foto: Nanda/Istimewa.

 


REDAKSI   |   KODE ETIK   |   DISCLAIMER