Trailveller Ramadhan Social Ride 2021, Ngabuburit Sembari Donasi & Wisata Sejarah

GIAT BIKER DI BULAN RAMADHAN. Fun rally, donasi & wisata sejarah.

Banyak cara dilakukan para bikers untuk mengisi bulan Ramadhan, tentunya lewat kegiatan positif. Berhubung masih dalam masa pandemik, tentunya tetap mengedepankan prokes. Giat biker Surabaya yang digagas komunitas Trailveller bertajuk Ramadhan Social Ride 2021 ini pun, tak hanya ngabuburit bareng, tetapi berdonasi, dan juga ikut melestarikan sejarah dengan fun rally wisata mengunjungi spot unik dan bersejarah di seputaran kota Surabaya.



Event yang disuport oleh Yamaha STSJ, Planet Ban dan Ayurveda ini pun mengambil tikum dari pelataran parkir Surabaya Suite Hotel, yang mana tiap peserta dilepas satu per satu, yang kemudian bergerak mengunjungi spot dan tempat bersejarah di kota Pahlawan. Seperti, apartemen tua yang berlokasi di Jl. Irian Barat No. 19 Surabaya. Bangunan yang berdiri tahun 1950-an ini ternyata masih dihuni tiga kepala keluarga. "Gedung ini dibangun sekitar tahun 1950-an dan dimiliki oleh dua pihak, PT Dok dan Perkapalan Surabaya serta PTPN,” ungkap Christian, public relation Yamaha STSJ.

 

 

RAMADHAN SOCIAL RIDE. Menggabungkan fun rally, rolling city sembari bersedekah.



Ramadhan Social Ride berkunjung ke makam bupati pertama Surabaya yang terletak diseberang Stasiun Surabaya Kota atau yang lebih populer dengan stasiun Semut. Di komplek Masjid Nurul Ihsan ini terdapat makam Kandjeng Adipati Kromodjojodirono atau yang akrab disebut Raden Gloendoeng. "Bupati pertama Surabaya yang menjabat pada tahun 1819 hingga 1825,” ujar Gusman Adiwoso, coordinator marketing and commercial Planet Ban yang demen akan rolling thunder.



Sebelum finish, peserta TrailVeller Ramadhan Social Ride menuju makam Panglima perang Mojopahit, yang ternyata masih sepupu dari Patih Gajah Mada yaitu makam Raden Kudo Kardono. Pesarean ini terletak di Jl. Cempaka No. 25 posisinya terletak didaerah belakang BRI Tower. Kudo Kardono adalah panglima perang Majapahit ketika dipimpin oleh Raja Jayanegara atau Kalagemet saat berhadapan dengan pemberontakan Ra Kuti.



Event TrailVeller Ramadhan Social Ride ini juga dipungkasi dengan pemberian donasi bagi anak-anak panti asuhan, yang mana para bikers bisa bersedekah.



naskah/foto : cand/istimewa