Perdana di Indonesia, Kontes Khusus Mobil Pemadam Kebakaran

MOBIL PEMADAM KEBAKARAN SWADAYA. Juga keren saat dipajang di arena kontes mobil.

Meskipun dikenal sebagai salah satu kota seribu sungai, Banjarmasin rupanya rentan dengan musibah kebakaran. Nggak heran, jika di kota ini jamak terbentuk satuan pemadam kebakaran swasta atau swadaya masyarakat, hingga daerah pelosok sekalipun.



Nah, mengakomodir kreativitas para bengkel sekaligus pemilik kendaraan yang sudah dimodifikasi menjadi mobil pemadam kebakaran, organizer Berkah Project bakal menggelar event kontes khusus mobil pemadam kebakaran, di Qmall Banjarbaru, 2-4 April mendatang yang kali ini menggandeng para pelaku dan stakeholder pemadam kebakaran di provinsi Kalimantan Selatan.



"Kita bikin acara spesial ini untuk mengakomodir pemilik mobil pemadam kebakaran yang rata-rata dari swasta dan warga masyarakat, karena di sini cukup banyak. Tidak hanya buat dipajang untuk kontes sih, tetapi juga sebagai wadah bahwa di Kalsel ini banyak kreator modifikasi bagus, khususnya yang bikin mobil pemadam," buka Agus Cahyo, dari Berkah Project.

 

 

MODIFIKASI MOBIL PMK KALIMANTAN. Kebanyakan berplatform station wagon, pick up dan MPV, dengan perlengkapan PMK yang komplit.



Tentu saja, di event kali ini dilombakan beberapa kategori yang menyangkut modifikasi kendaraan pemadam kebakaran, yang mana tersedia lebih kurang 50 tropi sebagai penghargaan bagi modifikasi-modifikasi mobil pemadam yang terbaik.



Tidak hanya dipajang untuk diperkenalkan kepada publik, kontes kali ini juga sekaligus mengedukasi masyarakat sekaligus pemilik kendaraan pemadam yang kebanyakan dari non pemerintah, dalam pemanfaatkan kendaraan tersebut, termasuk saat digunakan dalam keadaan darurat kebakaran.



"Karena sering kali terjadi, saat terjadi peristiwa kebakaran, mobil pemadam tersebut ada yang ugal-ugalan sehingga malah terjadi insiden kecelakaan. Kita berharap, event ini juga sekaligus mengedukasi bagaimana attitute, safety sekaligus sop sebuah unit pemadam kebakaran," tutur Muhamad Zulliansyah, tokoh sekaligus pemerhati tentang pemadam kebakaran Kalsel.

 




naskah/foto : punk