Peringati Hari Perempuan Internasional, Lady Bikers Penggeber Royal Enfield Riding Keliling Jakarta

Tak kurang 10 lady bikers merayakan Hari Perempuan Internasional (International Women’s Day) yang jatuh tanggal 8 Maret 2021 dengan cara tersendiri. Mereka melakukan riding bareng keliling kota Jakarta, yang mana sebagian besar menggeber kuda pacu Royal Enfield dengan berbagai varian, sekaligus mencuri perhatian pengguna jalan raya lainnya.



"Riding naik motor ini, selain hobi, juga menjadi proses pembelajaran manusia, lingkungan dan bagaimana harus bersikap, karena dengan riding kita belajar banyak hal, termasuk mengenal karakter sesama pengendara lainnya," buka Pramita Dina Kesuma, salah satu lady biker yang ikut dalam rombongan tersebut.



Perempuan 47 tahun tersebut mengakui jika berkendara bersama-sama biker perempuan lainnya semakin menambah pengalaman berkendara, apalagi mereka berasal dari latar belakang yang berbeda namun dipersatukan dalam semangat alias passion yang sama.



Sementara itu, fotografer profesional Cassandra Gautama menilai pengalaman mengendarai motor menjadi lebih seru karena bisa membangkitkan adrenalin. Dia berharap stigma bahwa dunia sepeda motor hanya milik kaum laki-laki dapat dihapus karena di zaman sekarang perempuan juga berhak memiliki komunitas sepeda motor sendiri.



“Stigma bahwa motor itu cuma buat laki-laki harus dihapus. Zaman sekarang perempuan punya mobilitas tinggi, berhak juga untuk punya komunitas motor sendiri. Tapi, yang penting mentalnya harus siap dan gear-nya juga harus pilih yang fungsional dan cocok dengan kebutuhan masing-masing,” ucapnya.



Head of International Business APAC Royal Enfield, Vimal Sumbly mengatakan, hobi mengendarai motor bukan hanya milik kaum pria. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak perempuan yang menikmati berkendara sepeda motor. "Kami berkomitmen memberikan pengalaman riding terbaik untuk semua pengendara dan penggemar otomotif, tanpa membeda-bedakan gender," tutur Vimal Sumbly.



Menurutnya, di Indonesia sudah banyak perempuan yang mengendarai sepeda motor berkapasitas mesin besar. Bahkan, ada sebagian yang memodifikasi motor tersebut agar nyaman saat ditunggangi.



"Di Indonesia, kami melihat semakin banyak pengendara perempuan mengendarai motor gede sampai-sampai memodifikasi motornya agar tampilannya menarik. Salah satunya adalah motor Royal Enfield," tambahnya.



Meskipun dari berbagai latar belakang, ada yang berstatus ibu rumah tangga, wiraswasta, fotografer hingga atlet, namun ketika riding bareng dengan memacu motor Royal Enfield dengan pengendara lain, mereka seperti menjadi saudara.







editor : punk, foto : istimewa