KAWASAKI NINJA INDONESIA (KNI) : PELOPORI PENDIRIAN TUGU BIKERS SEBAGAI SATU LAGI ASET DESTINASI WISATA BIKERS INDONESIA TIMUR

BIKERS KNI. Pelopori Pendirian Tugu Bikers Indonesia Untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi NTT & Sebagai Destinasi Wisata Bikers Indonesia Timur.

Kini bertambah satu lagi sebuah monumen berbentuk tugu di bagian timur negeri Indonesia. Dinamai Tugu Bikers Indonesia”, merupakan sebuah sumbangsih keluarga besar Kawasaki Ninja Indonesia yang dibangun di sekitar Danau Kelilitu, Desa Waturaka, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

 

 

 

TUGU BIKERS INDONESIA. Kokoh Berdiri Di Danau Kelilitu, Desa Waturaka, Ende-NTT & Diprakarsai KNI Dengan Didukung PT KMI, Greentech, Prostreet & Oscar Motor. 

 

 

Diresmikan pada Jum’at, 9 Agustus kemarin, tugu ini dibangun oleh komunitas Kawasaki Ninja Indonesia (KNI) sejak Mei 2019 dengan dukungan penuh PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Turut pula mendukung pula Greentech, Prostreet dan Oscar Motor. Tugu ini dibangun untuk membantu pemerintah dalam mengembangkan potensi objek wisata alam di daerah.

 

Tugu Bikers ini nantinya akan dijadi titik kumpul untuk semua komunitas motor yang ingin melakukan touring ke NTT, sekaligus diharapkan menjadi salah satu target kunjungan biker saat melakukan touring jarak jauh menuju Tugu 0 Km (Nol Kilometer), seperti Tugu 0 Km Sabang-Aceh. Sedangkan di ujung timur Indonesia ada Tugu 0 Km Sape, Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

 

Seperti kita tahu, ritual touring sudah pasti menjadi kewajiban sebagai insan bikers khususnya yang menggeluti dunia komunitas. Seperti yang disampaikan oleh bro Irwan Effendy, ketua KNI periode 2017-2019, “Ketika kita menggeluti hobi otomotif roda dua,  salah satu yang menjadi keinginan kita adalah melakukan touring agar bisa menikmati keindahan alam. Kepuasan saat touring akan terasa lebih lengkap ketika ada suatu momen yang menjadi bagian penting ketika melakukannya. Untuk itulah KNI membangun Tugu Bikers Indonesia ini.

 

BIKERS  KNI & APARAT DESA BESERTA PEMERINTAHAN WATURAKA, ENDE-NTT. Satukan Visi & Misi Untuk Saling Mendukung Peningkatan Ekonomi Warga Dengan Pendirian Tugu Bikers Indonesia. 

 

Peresmian tugu ini dilakukan oleh Bro Marco Rizal, Ketua KNI periode 2019-2021. Hadir juga Bro Ardani (KNBC), Bro Ahmad Ridwan (JKN), Bro Norman MDS (JKN), Bro Ewen (Bebek Borneo),Bro Uchi (Panikc JKT), Bro Piyan (Panikc JKT), Bro Chandra (Panikc JKT), Bro Budi Wahyudi (FNC Depok), Bro Ryan (Kanibal), Bro Sersan (Kanibal), Bro Aidin (FKNC), Bro Jeffrey (FKNC), Bro Hendrik Arman (KAE) dan Bro Doell (KAE) serta para bikers perwakilan dari Kota Ende.

 

Dihadiri pula oleh Camat LEPKES (Lepembusu Kelisoke) Fransiskus Sio, Camat Kelimutu Ignatius Gharu, Ketua BPD (Badan Pemasyarakatan Desa) Alosius Kame, Ketua Adat Leonardus Loba, Pemerintah Desa Waturaka Andrianus Suara, Mantan Kades Waturaka Aloysius Djira, Tokoh Adat Liasembe Robertus Ghele, Tokoh Adat Waturaka Benediktus Lengo, Tokoh Pemuda Nikolaus W, seluruh tokoh masyarakat Liasembe dan Waturaka, Babinsa Sertu Cornelis dan aparat kemanan setempat.

 

 

BRO MARCO RIZAL, KETUA KNI. Hadir Langsung Dalam Peresmian Tugu Bikers Indonesia Pada 09 Agustus Lalu.  

 

Rasa bangga atas peresmian Tugu Bikers Indonesia disampaikan oleh bro Marco Rizal selaku Ketua KNI Periode kini. “Dengan adanya tugu ini diharapkan nanti bisa menjadi target dan penambah kebanggaan bagi bikers saat mengunjungi NTT. Mereka pun bisa singgah di Tugu Bikers Indonesia ini untuk mengabadikan momennya sebagai kenang-kenangan, khususnya ketika mendatangi sekitar Kabupaten Ende,” ujar Bro Marco.

 

Selain menjadi destinasi wisata, nantinya Tugu Bikers Indonesia ini juga akan menjadi sarana titik kumpul semua komunitas motor tanpa membedakan brand dan merk kuda besi yang menjadi tunggangan mereka. Lokasi ini pun tidak jauh dari lokasi objek wisata lainnya, seperti Permandian Air Panas Liasembe, Air Terjun Muru Keba dan Taman Nasional Danau Kelimutu.

 

Nantinya KNI Region Nustra II yang ada di Kota Ende akan membantu perawatan tugu ini, juga membantu para wisatawan yang ingin berkunjung kesini, diharapkan dapat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitarnya. R1F