BHAYANGKARA TRAIL ADVENTURE - PATRA PASURUAN TRAIL ADVENTURE : Populerkan Sport Tourisme Lewat Adventure

 

BHAYANGKARA TRAIL ADVENTURE - PATRA PASURUAN TRAIL ADVENTURE. Sukses memberi warna dan makna kegiatan adventure.

 

Belakangan ini jajaran petinggi Polri di Jatim, seperti SDM Polda Jatim, Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim  dan Direktorat Polairud Polda Jatim, makin aktif mensuport kegiatan adventure di berbagai pelosok Kabupaten Jatim. Kompaknya petinggi jajaran Polri di Jatim ini pula, sukses mengeboost kegiatan adventure  makin spektakuler. Itu lantaran, setiap kota di Jatim disambut antusias oleh jajaran Polres dan Polsek serta instansi lainnya.

 

Fenomena aparat manunggal dengan rakyat, makin kental tersaji di setiap kemasan acara adventure yang digelar oleh Pasuruan Trail Adventure (PATRA), yang makin eksis berpartisipasi di setiap even adventure di berbagai daerah. Eksisnya PATRA juga sebagai efek dari banyaknya petinggi Polri di Jatim yang tergabung disini. Seperti ,Karo SDM Polda Jatim Kombespol Ihsan Amin SIK MH, Wadir Polair Polda Jatim AKBP Soelistijono SIK MH, Wadirlantas Polda Jatim AKBP Muhammad Aldian SIK MH. Juga ada Iptu Yudhi Anugrah Putra SIK Kanit Reg Ident Polres Malang. 

 

 

Wajar dong, beberapa petinggi Polri di Jatim itu, dominan mantan petinggi Polres Pasuruan dan turut berkontribusi membesarkan nama PATRA. Dan ketika naik jabatan, secara history nama PATRA tetap dianggap sakral dan legend, sebagai muasal komunitas trail adventure berdiri, yang kini makin tumbuh kembang embrionya. Sehingga sampai saat ini nama PATRA tetap menjadi kebanggaan.

 

BHAYANGKARA TRAIL ADVENTURE - PATRA PASURUAN TRAIL ADVENTURE. Sebagai sarana alternatif petinggi Polri di Jatim manunggal dengan rakyat.

 

Dalam hal ini PATRA bersama petinggi jajaran Polri di Jatim yang tergabung dalam Bhayangkara Trail Adventure itu, sukses menjadi serum positif club adventure di Jatim. Berbagai program yang sifatnya visioner dan positip, ikut terselip di dalamnya. "Kalau sudah begitu pola pikir embrio baru di setiap acara adventure, selalu  sukses direfresh dan lebih bermanfaat, "tegas Iptu Yudhi Anugrah Putra.

 

Secara tak langsung sukses menjadi cooling system suhu politik di tanah air. Sebab, semua kalangan turut membaur disini, dengan dasar persamaan hobi. Sebab, logikanya, dalam satu kota yang dijadikan tuan rumah, otomatis terjadi activity sosial, penyuluhan dalam ruang warkop, hingga pembinaan para pelaku agrobisnis, sehubungan dengan up grade panen sampai ke ilmu marketingnya. Ini nih yang membuat adventure makin berkesan dan selalu meninggalkan kesan dan cerita postif id masyarakat. "Sekali lagi, kita ingin bahu membahu dan manunggal dengan rakyat, "wejang Iptu Yudhi Anugrah Putra.

 

Termasuk saat digelarnya hajatan latber “Patra road to Bromo”, pada 2 Desember 2018 silam. Mengambil start di Mapolsek Keboncandi Paskot pukul 08.00, dengan rute Polsek Keboncandi , Puspo, Ngawu, lautan pasir Bromo, Pendopo Wonokitri sebagai finishnya. Hasil survey GPS, menunjukkan rute tadi memiliki jarak tempuh 75 KM, dengan estimasi waktu 5 Jam perjalanan. Sipnya, variable trek rute tadi, terbagi tanah vulkanik, tanah tipikal lumut, bebatuan, pasir, camel, tanjakan landai dan ekstrem.

 

Praktis, ribuan rider adventure yang ikut meramaiakan hajatan ini, mendapat private singkat trik menaklukan tanjakan dan ilmu menggantung RPM saat melawan trek bebatuan. Bahkan improve rider mengatur posisi gigi transmisi berbanding RPM, juga menjadi pelajaran dasar kendati tekanan Psi ban sudah diturunkan hingga 11 Psi depan belakang. "Paling krusial, di trek ini pula ribuan rider dipacu untuk melawan emosi, " senyum Iptu Yudhi Anugrah Putra sembari mengimajinasikan beratnya trek kali ini.

 

Sipnya lagi, di rute ini para rider juga terkesima dengan eksotisme dan pesona pedalaman alam Pasuruan, berikut hasil agro bisnisnya. Hal demikian sebagai fakta kayanya agro bisnis Pasuruan. Seperti meronannya warna mangga dan juwet yang siap dipanen, menjelang panen. Sontak, menjadi doping rasa lelah para rider adventure yang berlaga. Bila perlu point seperti ini yang layak diexplore ke dunia luar. "Sekaligus sebagai sosialisasi program sport tourisme dan alternatif wisata regular, "optimis Iptu Yudhi Anugrah Putra.

 

BHAYANGKARA TRAIL ADVENTURE - PATRA PASURUAN TRAIL ADVENTURE. Sosialisasi mengajak anggota Polri ber- adventure & mengexplore nilai sport tourisme.

 

Bahkan, penggerak Bhayangkara Trail Adventure itu juga sering bikin kelabakan tuan rumah penyelenggara adventure. Seperti kejadian saat merapat di hajatan “Bhayangkara Blitar Adventure #6”, pada 9 Desember 2018, dengan mengambil start taman Wlingi dan finish di taman Wlingi.

 

Maksud hati, kita ingin duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi bersama rider adventure lain. Dan bukan bikin kejutan, prinsipnya kita ikut adventure dan membina lebih lanjut potensi dan prospek daerah sekaligus untuk dieksplore ke dunia luar. "Agar, sembari beradventure ada makna dan hikmah yang bisa dipetik bersama, "harap Iptu Yudhi Anugrah Putra.

 

Mendatang program kita akan menyasar dan memburu tempat-tempat pendidikan, ibadah, pemukiman golongan ekonomi lemah, yang tak layak untuk kita up grade. Sekaligus akan kita jadikan sebagai check point dan destinasi baru. Dan kita tetap terbuka untuk komunitas adventure lain, misalkan ingin bergabung untuk meramaikan. Sampai ingin menghendaki kita untuk berpartisipasi, kita pun juga siap. "Jadi, tunggu ya kedatangan kita di acara adventure Jatim, "salam Iptu Yudhi Anugrah Putra.  hendri/pid

               

               

               

 


REDAKSI   |   KODE ETIK   |   DISCLAIMER