AHM BEST STUDENT 2021 : Berlangsung Saat Pandemi, Pelajar Jatim Tetap Tunjukkan Ide dan Karya Terbaik.

SELEKSI AHM BEST STUDENT 2021 OLEH MPM HONDA JATIM. Secara Daring, Diikuti 74 Pelajar Se-Jatim & Sukses Antarkan 4 Pelajar Terbaik Untuk Bersiap Mengikuti Perlombaan Tingkat Nasional Bersama AHM.

Seleksi Astra Honda Motor (AHM) Best Student telah dimulai, dimana khusus untuk regional Jatim dilaksanakan pada Kamis-Jumat, 8-9 Juli 2021 kemarin. Regional Jatim dipegang PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM Jatim) yang menantang sekaligus memfasilitasi kreativitas pelajar Jatim menuju AHM Best Student. 

 

 

Memasuki 2021, menjadi tahun ke-19 pelaksanaan AHM Best Student. Diikuti siswa-siswi dari sekolah SMA sederajat di Jawa Timur seperti Jember, Probolinggo, Malang, Magetan, Bojonegoro, Nganjuk, Sumenep, Gresik dan Surabaya. Bertema “Satu Hati Meraih Prestasi" melombakan kategori ide di bidang lingkungan dan kesehatan, kewirausahaan, pendidikan dan kebudayaan serta inovasi teknologi. Meski dimasa pandemi, peserta tetap semangat dan antusias mempresentasikan ide dan kreativitasnya di hadapan juri yang dilakukan secara daring. Total 74 peserta pelajar se-Jatim  menampilkan gagasan ide terbaik yang siap dipilih 4 terbaik untuk melanjutkan perlombaan di tingkat nasional.

 

JUARA PERTAMA WAKIL JATIM UNTUK AHM BEST STUDENT 2021. Dimenangkan Putri Annisa Tyara Anngie SMAN 5 Surabaya Dengan Inovasi Aplikasi Spelling Bee For Blind Student. 

 

Ke-empat pemenang tersebut diantaranya yakni  Putri Annisa Tyara Anggie  dari SMAN 5 Surabaya yang membuat aplikasi untuk  membantu siswa tuna netra dalam belajar bahasa Inggris. Berikutnya, Elok Faiqoh dari SMKN 5 Jember, yang membantu meningkatkan hasil panen petani dengan memanfaatkan Mol Akar tanaman yang bisa menjadi pupuk organik dan juga pestisida. Ketiga adalah Albertus Ferdinan Wiryadinata dari SMK St.Louis Surabaya yang memanfaatkan radio komunikasi HF SSB untuk sistem komunikasi cadangan darurat siaga bencana. Terakhir adalah Muhammad Tegar Aditiyah dari SMK Semen Gresik dengan ide membuat kursi roda dari mesin skuter bagi penyandang disabilitas. Keempat pemenang tersebut berhasil menjadi juara dari total 74 pendaftar.

 

Sebelum maju ke tingkat nasional, para pemenang ini akan diberi pembekalan lanjutan, antara lain teknik presentasi dan  pemantapan materi.  Dibantu MPM Honda Jatim untuk memperkuat karya yang dimiliki untuk maju di tingkat nasional, diharapkan mampu bersaing dengan pemenang dari provinsi lain di Indonesia.

 

Pada konsep baru 2021 kali ini, keseluruhan proses kompetisi dilakukan secara daring, mulai dari sosialisasi, seleksi, kegiatan pengayaan ilmu, hingga penganugerahan pemenang. Mengikuti konsep pembelajaran jarak jauh yang diterapkan di dunia pendidikan saat ini. “Antusiasme 74 peserta sangat luar biasa meski lomba kali ini via online. Kami ucapkan selamat kepada para pemenang, semoga karya dan ide yang dihasilkan dapat bermanfaat buat diri sendiri,  lingkungan dan masyarakat sekitar," tutup Vinensia Kenanga selaku Corporate Secretary Head MPM Honda Jatim. Nda Komez