FZ-X, Neo Sport Retro Terbaru Andalan Yamaha, Terinspirasi Gaya XSR

YAMAHA FZ-X. Varian neo-retro yang mirip dengan XSR.

Yamaha sudah punya beberapa line up motor gress bergenre neo-retro, termasuk di kapasitas kecil seperti XSR. Meski begitu, Yamaha tetap menggelontorkan model gress di gaya neo-retro ini, salah satunya dengan merilis varian Yamaha FZ-X di India.



Sekilas, tampilan FZ-X ini memang gaya-gayanya mirip XSR. Bisa dimaklumi, karena dari sisi desain memang terinspirasi dengan varian tersebut. Namun, FZ-X ini punya banyak perbedaan, baik dari sisi dapur pacu, fitur hingga detailing part yang digunakan.



Di sisi depan, FZ-X ini dilengkapi lampu projector yang keren, plus DRL membulat di bagian sisi luarnya. Sementara, sisi belakang juga mungil dan kompak. Desainnya tangkinya pun unik, meskipun terlihat sedikit meninggi. Finishingnya pun didominasi warna gelap, dengan warna tangki saja yang berbeda.

 

TONGKRONGAN. Kompak dengan punuk tinggi.



Dari sisi riding position, FZ-X ini terbilang tidak agresif, karena setangnya rada tinggi dan lebih ke depan alias upright. Joknya pun nyaman diduduki, baik sendirian ataupun berboncengan dengan dual-seat yang ekstra panjang. Pastinya, pengendara sangat mudah melihat speed karena semua full digital di bagian cluster instrumennya.



Dapur pacu FZ-X ini ditopang varian yang sama dengan FZ-S, yakni mesin satu silinder 149cc pendingin udara dengan lima percepatan. Tenaga yang dihasilkan 12,2 bhp dan torsinya 13,6 Nm. Sementara, kaki-kaki sama plek dengan FZ series, yakni garpu teleskopik plus disc brake ABS single-channel, sedangkan yang belakang sudah pakai monosok.




naskah/foto : punk/ymh