Motor Listrik BL-SEV Siap Diuji Coba di Sirkuit Mandalika

BL-SEV01. Saat ditest di sirkuit Sentul beberapa waktu lalu.

Setelah dua kali ini digeber di sirkuit Sentul Bogor beberapa waktu lalu, motor listrik hasil pengembangan Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, yang lebih dikenal dengan BL-SEV01 bakal dibenahi hingga sempurna.



"Kami punya rencana menguji motor ini hingga ke sirkuit Mandalika jika nantinya sirkuit tersebut sudah jadi, kalau di Sentul kan kami sudah yah sampai dua kali. Pas yang kedua kali itu, kami sudah puas dengan hasilnya. Nah, kami ingin lebih jauh lagi menguji motor listrik ini sampai ke Mandalika," tukas Kasih Hanggoro, Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti.



Untuk memastikan uji coba nanti benar-benar membawa hasil, mereka juga mempersiapkan optional beberapa baterai untuk digunakan sekaligus menguji ketahanan baterai itu sendiri yang diklaim mampu mencapai 100 km untuk sekali pengisian penuh.

 

 

BL-SEV01. Motor listrik karya Budi Luhur.



"Kita akan menyiapkan tiga baterai yang kita gunakan nanti, jadi nanti kita tinggal ganti-ganti aja. Kita juga sekaligus menguji baterai itu yang mampu hingga 100 km," kata Kasih Hanggoro.



Dengan semakin diuji coba, ini akan membawa lebih banyak data sehingga ikut juga menambah pelajaran bagi tim UBL sehingga kian menyempurnakan motor listrik tersebut. "Jika nantinya ada masalah, tentu akan menjadi pelajaran dan bisa dicarikan solusinya," tambahnya.



Kuda pacu elektrik BL-SEV01 ini menggunakan motor listrik BLDC 96 Volt bertenaga 16 kW, didukung baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Baterai bisa kembali terisi penuh setelah melakukan pengisian daya selama 4 jam.




editor : punk, foto : bl-sev