Ban Corsa Mulai Dijual Tanpa Pembungkus

Mulai awal April ini, PT Multistrada Arah Sarana Tbk produsen ban Corsa mulai menghentikan pemakaian bungkus plastik di semua produk ban yang dijualnya. Penjualan tanpa plastik pembungkus ini dilakukan sebagai upaya mengurangi sampah plastik sekali pakai.



Kebijakan ini sejalan dengan langkah yang dilakukan Michelin, yang juga diproduksi oleh PT Multistrada Arah Sarana Tbk, dengan meniadakan pembungkus plastik di produk ban baru yang dijualnya secara bertahap dan akan berlangsung hingga Mei 2021 nanti.



"Tiap tahun rata-rata Multistrada Arah Sarana memproduksi 5,5 juta ban motor. Sebagian besar dibungkus plastik sekali pakai, bungkus ini akhirnya dibuang dan menjadi sampah. Maka itu, guna mengurangi jumlah sampah plastik tunggal, Multistrada menargetkan 0 net sampah bungkus plastik ban di tahun 2022," tutur Steven Vette, presdir Michelin dan Multistrada Arah Sarana.



Meski tanpa plastik pembungkus, Corsa memastikan kualitas dan performa ban yang dijual tidak akan terpengaruh, karena hanya sebagai pembungkus. Yang penting, ban yang digunakan sesuai spesifikasi dan terdapat labeling.



Oktober 2020 lalu, Multistrada juga sudah menghentikan penggunaan bungkus plastik untuk ban mobil merek Achilles yang diekspor ke sejumlah negara. "Kami percaya, inisiatif ini merupakan langkah yang tepat sebagai bentuk tanggung jawab kami dalam mencapai proses bisnis yang berkelanjutan,” tutupnya.

 




editor : punk, foto : istimewa