United Keluarkan Skuter Listrik T1800, Harga 27 Jutaan

UNITED T1800. Produk skuter listrik terbaru dari TDI.

Semakin mendekati 2021, semakin banyak brand dan varian motor listrik yang diluncurkan ke pasaran. Terakhir, giliran PT Terang Dunia Internusa (TDI) lewat United E-Motor yang mengenalkan merek United ke publik. Salah satu produk andalannya, United T1800 yang punya varian warna black-doff.




Sekilas dari tampangnya, T1800 ini adalah maxi-scooter yang mirip dimensinya dengan produk Yamaha, seperti Nmax atau Lexi, namun jika dicermati lebih teliti T1800 adalah kendaran listrik yang unik dan punya ciri khas yang berbeda, yang pasti terlihat kompak dan modern.

 

 

TAMPANG LUAR. Terlihat modern dan dinamis.



Cukup banyak fitur unggulan yang ditawarkan United Bike di varian T1800 ini. Dari eksterior misalnya, sudah nampang desain bodywork yang kompak, dengan lampu sporty dan stylish yang didalamnya sudah dipakai LED. Dashboard pun asyik, karena menganut display Mid Digital. Sementara, kaki-kaki juga sudah dipanteng cakram, baik di roda depan ataupun belakang.


Dapur pacu T1800 ini adalah motor listrik dari Bosch 60 volt 1800 watt, yang ditopang dengan dengan batere Lithium 60V 28aH. Motor listrik ini punya rated speed 620 rpm, torsi 27 Nm dan tenaga 1.800 W. Dengan kombinasi ini, jarak kecepatan maksimum motor bisa mencapai 70km/jam dengan speed rata-rata 50-60 km/jam di mode normal.  Yang istimewa, untuk pengisian batere bisa dilakukan dua cara, colok langsung atau direct charging ke colokan universal di rumah, atau bisa battery-swap atau copot/tukar batere.

 

 

FITUR-FITUR T1800. Cukup komplit.



Fitur lainnya, tentu cara atau operasionalnya yang praktis. Ada tiga mode speed yang bisa digunakan, dengan top speed hingga 65 km/jam. Untuk menyalip, bisa juga pakai moe Turbo, yang cukup klik tombol hingga kecepatan bisa naik hingga 70km/jam. Pastinya, buat mundur juga gampang, karena ada reverse mode dengan kecepatan 3km/jam.  Kemudian, ada fitur unik lain macam bluetooth speaker, USD Port dan Sound mode dan alarm.

 

 

KEUNGGULAN. Mode kendara, easy charging dan disc brake.



Direktur PT Terang Dunia Internusa (TDI) Henry Mulyadi menjelaskan, United T1800 diharapkan bisa terjual 500 unit per bulan, dengan menyasar pembelian 70% secara online dan sisanya lewat dealer. Tentu saja, TDI sudah menggandeng beberapa e-commerce dan lembaga pembiayaan otomotif.


"Kami berkolaborasi dengan salah satu marketplace terbesar di Indonesia yaitu Blibli.com dan kami juga sudah sediakan supporting pembiayaan yang menarik dari Adira Finance dan BCA Multi Finance. Harapannya, bisa menyuguhkan efisiensi dan efektifitas waktu bagi konsumen, keamanan administrasi dan kemudahan pembayaran dalam pembelian kendaraan UNITED E-MOTOR," ucap Henry Mulyadi.

 


United T1800 ini diklaim sangat efisien dan ekonomis dari sisi operasional dan biaya perawatan. Untuk sekali charging batere hingga penuh, hanya butuh biaya Rp 2700, dengan waktu pengisian empat jam. Perawatan lainnnya juga mahal, karena tidak perlu service rutin per km seperti motor pada umumnya.

 


Rencananya, motor ini akan dijual dengan harga Rp 27 jutaan berdasarkan BBN 2020, dengan harga promosi atau perkenalan Rp 24,5 jutaan. Tentu saja, sudah termasuk garansi komponen kelistrikan, yaitu charger, battery, controller dan motor selama 12 Bulan dan garansi rangka 5 tahun. Gerai United-Bike sendiri tersebar di beberapa wilayah, seperti Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

 


SPESIFIKASI UNITED T1800
- Dimensi 1.865 x 715 x 1.170 mm (P x L x T)
- Berat 99 Kg dengan kapasitas angkut 150 kg
- Motor listrik Bosch 60V1800W, daya 1.800 W, torsi 27 Nm
- Kapasitas baterai 60V 28Ah
- Kecepatan puncak 70 km/jam dengan daya jelajah 60 km
- Suspensi teleskopik (depan), shockbreaker ganda (belakang)
- Ban 100/70-12 Tubeless (depan-belakang)
- Rem cakram (depan-belakang)

Fitur
- Panel Display Full Digital
- Lampu LED
- Tombol Start/Stop Engine
- Speaker terkoneksi bluetooth audio, radio dan mode suara kendaraan
- USB Port charger ponsel atau USB data audio
- Speed Mode : 3 kecepatan dengan tombol one click overtaking
- Mode Mundur untuk mempermudah parkir
- Alarm, saklar panel, dan cut off energi motor




naskah/foto : punk/istimewa