Sangarnya Kawasaki Z H2 SE, Monster Supercharge Bertenaga 200 HP, Kini Ditambah Suspensi Elektronik

2021 Z H2 SE. Naked bike sangar dari Kawasaki.

Salah satu varian Kawasaki yang terbilang sangar adalah Z H2, yakni kuda pacu berkapasitas seliter yang berkonsep naked bike. Untuk tahun 2021, Kawasaki juga merilis versi Z H2 SE, yang mana mendapatkan banyak update gress, salah satunya suspensi elektronik.

 

DASH AREA. Full display.



Dibandingkan Z H2 standar, versi SE ini sebenarnya sama, tetapi ditambahi dua fitur krusial yang bisa meningkatkan performa, safety sekaligus kenyamanan kala dibejek oleh ridernya. Fitur tambahan pertama, ada di suspensi. Kali ini, Z H2 SE dijejali perangkat suspensi elektronik semi-aktif dari Showa, yakni Skyhook EERA semi-active electronic suspension.

SUSPENSI DEPAN. Kini dibekali suspensi elektronik semi aktif.



Skyhook, bisa diartikan jika motor ini bisa dikendarai dengan lebih nyaman kala menghajar lintasan bumpy. Jadi, suspensi akan aktif menghandle stabilitas tanpa menimbulkan lonjakan berarti. Sedangkan yang dimaksud EERA adalah merujuk ke Electronically Equipped Ride Adjustment.

 

TAMPANG AGRESIF. Minor change dari sisi luar.



Sok buatan Showa ini bekerja dengan panduan Bosch IMU 5-axis dan beberapa sensor lain. Cara kerjanya, IMU akan memberitahu suspensi saat motor akselerasi atau deselerasi, saat roda wheelie atau saat motor rebah dalam sudut berapapun. Kemudian sistem ini tersambung ke ECU yang bisa memerintahkan berapa kecepatan roda yang paling efektif. Selain itu, juga memberitahu ABS berapa tekanan kaliper rem yang terjadi. Setelah itu, suspensi akan menyesuaikan sendiri, berapa kecepatan naik turun dan posisinya.

 

 

REM DEPAN. Cakram 320mm dengan kaliper Brembo Stylema.



Untuk suspensi belakang, Z H2 SE ini tetap menggunakan produk Showa dengan fitur BFRC atau Balance Free Rear Cushion, yang mana sok bisa disetel secara elektronik, sedangkan preload springnya bisa disetel manual. Soal pengereman, Kawasaki Z H2 SE ini masih ditopang cakram 320mm dengan kaliper Brembo Stylema plus ABS.



Kawasaki Z H2 SE ini dirilis dengan dua pilihan warna saja, yakni golden blazed green dan metallic diablo black. Tentu saja, harganya lebih mahal dibandingkan Z H2 standar, yakni £18,349. Bandingkan dengan Z H2 Standar yang £15,899.

 


naskah/foto : punk/kawasaki