Jawa Motorcycle Bikin Motrik, Masih Tetap Bergenre Retro Modern

YEZDI. Motor listrik dari Jawa Motorcycle.

Semakin banyak jumlah brand yang membangun motor listrik. Jawa Motorcycle, rupanya menyiapkan diri membangun electric vehicle (EV) berupa motrik (motor listrik) yang diberinama Yezdi.



Dari tampang yang dikeluarkan dalam gambar rendering karya Electric Vehicle Web, Yezdi bakal dirilis tahun 2020 nanti, yang mana konsep dan gayanya tidak meninggalkan ciri khas Jawa Motorcycle. Memang, bentuk aslinya masih belum fix, tapi paling tidak nunjukkin basis desain yang bakal dirilis oleh Jawa Motorcycle.

 

DESAIN. Tetap mempertahankan gaya retro khas Jawa.



Selama ini, semua varian Jawa punya DNA dan bahasa desain serba retro. Yezdi ini pun masih tidak meninggalkan ciri khas tersebut, terutama dari sisi bodywork seperti tangki, jok, spatbor hingga lampu-lampu.  Tangki model vintage dengan cat krom memang hanya sebagai kamuflase tempat colokan listrik, karena nantinya Yezdi tidak butuh bahan bakar. Sedangkan batere kapasitas besar akan ditempatkan di under tank, sebagai pengganti mesin konvensional



Kemungkinan besar, Yezdi akan kali pertama diperkenalkan di India, mengingat Jawa Motorcycle sudah diakusisi oleh Mahindra. Apalagi, saat ini belum ada motor listrik yang ditawarkan oleh pabrikan motor di India, sehingga Jawa Motorcycle berusaha menjadi pabrikan pertama yang merilis motor listrik di India.

 



naskah/foto : punk/evw